Olahraga

JK Ingin Asian Games 2018 Perlombakan 36 Cabang Saja

Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:21 | 21.94k
Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games, HM Jusuf Kalla (Foto: republika)
Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games, HM Jusuf Kalla (Foto: republika)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games, HM Jusuf Kalla bersikeras bahwa Asian Games 2018 mempertandingkan 36 cabang olahraga saja, sebagaimana Asian Games 2014 lalu.

"Kami putuskan 36 cabang olahraga. Cabang Olimpiade otomatis wajib. Kami akan mengurangi cabang olahraga yang besar biaya penyelenggaraannya tapi kurang menghasilkan medali bagi kita," ujarnya di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta, Sabtu (25/3/2017).

Hal itu diutarakannya usai rapat terbatas koordinasi penyelenggaraan Asian Games XVIII yang diikuti Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menkominfo Rudiantara, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, dan Jajaran Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018.

Rapat koordinasi penyelenggaraan Asian Games XVIII kali ini membahas evaluasi kesiapan fisik dan pembinaan atlet Indonesia, kesiapan penyelenggaraan untuk peserta yang mencapai sembilan hingga 10 ribu atlet, serta penyediaan sarana pendukung seperti teknologi informatika. 

Menurut JK - sapaan akrab pria yang juga Wakil Presiden RI itu, cabang-cabang olahraga Olimpiade tidak dapat dihapus dalam Asian Games 2018 karena sudah amanat dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"Sebagai perbandingan, cabang olahraga dalam Olimpiade Rio 2016 itu ada 28 cabang. Olimpiade itu bukan persoalan jumlah cabang tapi kualitas penyelenggaraannya," tegasnya.

JK juga menambahkan jika Asian Games harus mengacu kepada efisiensi biaya penyelenggaraan sesuai dengan amanat Dewan Olimpiade Asia (OCA) agar negara-negara lain juga dapat menjadi tuan rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES