Minggu, 16 Desember 2018
Kesehatan

Waspada Superbugs, Bakteri yang Tahan Antibiotik

Waspada Superbugs, Bakteri yang Tahan Antibiotik Superbugs. (Foto: DME)
Rabu, 22 Maret 2017 - 02:25

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Superbugs, nama itu masih sangat asing ditelinga kita. Namanya indah, tapi jangan dibayangkan bentuknya yang cantik seperti kepik merah (ladybug).

Superbugs sama sekali tidak cantik, bahkan berbahaya. Superbugs merupakan jenis bakteri berbahaya yang resisten atau tahan terhadap antibiotik. Jika serangan bakteri itu tak ditangani secara cepat, maka bakteri dapat menjalar ke organ tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Seramnya lagi hingga kini belum ditemukan obat khusus untuk menyembuhkannya.

Superbugs diprediksi akan membunuh 10 juta orang dalam setahun pada tahun 2050 bila dunia tak bertindak dari sekarang. Angka itu menunjukkan bahwa satu orang akan mati setiap tiga detik pada tahun 2050 akibat bakteri tersebut.

Hal itu disampaikan oleh peneliti dari PLOS Medicine dan diulas di Review on Antrimicrobial Resistance pada pertengahan tahun 2014 silam.

Diperkirakan 700 ribu orang telah meninggal setiap tahunnya akibat permasalahan resisten terhadap obat.
Kehadiran superbugs yang memiliki kekuatan antimicrobial resistance (AMR), kemampuan untuk melawan antimikroba seperti antibiotik dan sejenisnya, menjadi masalah yang sedang dan akan dihadapi dunia secara global. 

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration