Pendidikan

Jawaban USBN Diduga Bocor, Mendikbud Buka Investigasi

Selasa, 21 Maret 2017 - 15:50 | 33.05k
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: setkab)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyusul dugaan adanya kebocoran kunci jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun merespon dengan menurunkan tim untuk menyelidiki kasus tersebut ke beberapa daerah.

"Kami telah menurunkan tim untuk menginvestigasi kebocoran soal di sejumlah daerah," tegas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Meski diwarnai kabar yang beredar di jejaring WhatsApp mengenai dugaan kebocoran kunci jawaban, Mendikbud menjelaskan jika pelaksanaan USBN pada hari pertama berjalan lancar.

Sementara, Inspektur Jenderal Kemdikbud, Daryanto menegaskan jika pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas pada guru maupun kepala sekolah yang menyebar kunci jawaban soal USBN.

"Kami akan berikan sanksi tegas. Jika ketahuan kepala sekolah, maka sanksinya bisa dipecat," paparnya.

Ia juga menyanyangkan andai kasus kebocoran kunci jawaban soal USBN tersebut benar terjadi. Apalagi soal-soal USBN sepenuhnya disusun oleh para guru yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).

"Saya pribadi prihatin dan sangat disayangkan jika benar terjadi kebocoran, motifnya apa, karena ini semua USBN sudah diserahkan sepenuhnya ke guru dan sekolah serta pemerintah daerah," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES