Gaya Hidup Times Indonesia 9

Ini Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Kamis, 16 Maret 2017 - 04:17 | 282.26k
ILUSTRASI - Tips memanjangkan rambut dengan cepat dan alami (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Tips memanjangkan rambut dengan cepat dan alami (Grafis: TIMES Indonesia)
FOKUS

Times Indonesia 9

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut panjang identik dengan kesan feminin, nan elegan. Wanita dengan rambut panjang akan terlihat anggun. 

Sayang manjangkan rambut tak secepat manjangkan kuku. Harus menunggu lama untuk mendapatkan rambut panjang indah.

Dalam sebulan, rata-rata rambut akan tumbuh sepanjang 2 cm saja. Bahkan ada yang kurang dari itu.

Tak perlu khawatir bagi anda para wanita yang mengidamkan rambut panjang. Ada cara yang dapat dilakukan dirumah untuk memanjangkan rambut.

Blow-DryHGX5P.jpgFoto: togetherinbahrain

Menggunakan blow dry memang sangat praktis dan efisien, namun jika rambut terlalu banyak dan terlalu sering terkena udara panas dari hair dryer, maka risikonya adalah rambut akan menjadi sangat kering, patah-patah dan mudah rontok. 

Agar rambut tetap sehat, keringkan rambut dengan cara alami, diangin-anginkan di udara bebas atau gunakan hair dryer dalam jarak yang tidak terlalu dekat dengan suhu yang tidak terlalu panas. Hair dryer yang terlalu panas dan terlalu dekat juga tidak baik bagi kesehatan kulit kepala.

Vitamin-B1YKXV.jpgFoto: medisanda

Vitamin B terdiri dari 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya, vitamin pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaitu vitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). 

Namun, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia di dalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. 

Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3). 

Agar tetap sehat dan subur, rambut  juga membutuhkan vitamin B. Tanpa asupan vitamin B yang cukup, rambut akan kering, rapuh, dan pecah-pecah. Konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B, yang juga terdapat dalam pisang dan merica.

Minyak-Zaitun9QiPp.jpgFoto: andreiturcu

 Selain merupakan jenis minyak alami yang baik bagi kulit, minyak zaitun juga sangat baik bagi rambut. Cara menggunakan minyak zaitun tersebut dengan meneteskan 4 hingga 5 tetes minyak zaitun pada kulit kepala, pijat-pijat lembut ke kulit kepala, lalu diamkan semalaman agar sari minyak zaitun dapat terserap oleh kulit kepala dan rambut. 

Keesokan paginya, keramas dan bilas rambut hingga bersih. Lakukan secara berkala agar rambut sehat dan cepat tumbuh.

teh-Hijauu6mqI.jpgFoto: unila

Kandungan antioksidannya dapat  memperlancar sirkulasi peredaran darah yang ada dalam tubuh, terutama sirkulasi yang menuju rambut. Dengan lancarnya peredaran darah yang menuju rambut, maka proses pertumbuhan rambut akan semakin cepat dan rambut menjadi lebih sehat. 

Cara menggunakannya, siapkan teh hijau dan seduh dalam segelas air hangat. Siramkan seduhan teh tersebut ke rambut jika air seduhan sudah tidak terlalu panas. Pijat lembut kulit kepala kira-kira 30 menit dan bilas rambut hingga bersih. 

Atau bisa juga dengan membalurkan teh hijau ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut, bungkus dengan handuk basah yang sebelumnya telah direndam ke dalam air hangat, diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

SantanW14pi.jpgFoto: hallo

Santan sudah sejak lama digunakan oleh wanita-wanita di Indonesia untuk kesehatan rambut. Selain ampuh untuk memanjangkan rambut, santan juga membuat rambut lebih lembut, hitam dan berkilau. 

Caranya menggunakannya,  oleskan 300 ml hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup rambut dengan handuk hangat, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Kulit-Apel6QGk.jpgFoto: slovenskenovice

Apel, makanan kaya vitamin yang sering diolah sebagai cuka untuk menurunkan berat badan dan dikonsumsi saat diet ini juga mampu mencegah kerontokan rambut dan memberikan nutrisi rambut agar lebih sehat dan tumbuh panjang lebih cepat. 

Namun, di sini yang digunakan adalah kulit apelnya, jadi ketika anda mengkonsumsi buah apel, jangan buang dulu kulit yang telah anda kupas. Perhatikan langkah berikut, haluskan kulit apel tersebut dengan blender, oleskan secara merata pada rambut, diamkan selama 20 menit lalu cuci hingga bersih. Lakukan rutin setidaknya seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Air-Putih1xbpQ.jpg

Jangan remehkan kehebatan air putih. Selain menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi, air putih juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan rambut. 

Mengapa demikian? Karena konsumsi air yang cukup akan menjaga rambut agar tetap lembab, sehingga rambut tidak kering, kusam dan mudah patah. Konsumsi setidaknya 2,5 liter air putih atau setara dengan 8 gelas air putih sehari, akan membantu mengaktifkan kembali sel-sel yang terdapat pada rambut. 

Dengan aktifnya sel-sel ini, maka proses pertumbuhan rambut di kulit kepala akan semakin cepat, rambut lebih kuat, tidak mudah rontok dan patah.

Proteinqgl8V.jpgFoto: bedretrent

Jaringan yang ada pada rambut adalah 97% protein, jika konsumsi protein tetap dijaga dan tidak diabaikan, maka rambut akan lebih kuat dan tidak mudah patah dan mempercepat pertumbuhan sel baru pada rambut. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara teratur, kekuatan, kesuburan dan pertumbuhan rambut akan menjadi lebih baik.Makanan yang termasuk kaya proteinantara lain adalah ayam, ikan, daging, susu, kacang-kacangan dan telur.

Putih-telurTyZt.jpg

Cara alami memanjangkan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur mengandung nutrisi yang kaya untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyedakan tiga butir telur yang diambil bagian putihnya saja, kocok hingga merata dan oleskan menyeluruh ke rambut dan kulit kepala lalu pijat-pijat lembut kulit kepala. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, biarkan nutrisi dari telur tersebut terserap sempurna oleh rambut agar rambut lebih kuat dan sehat, lalu bilas hingga bersih.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES