Indonesia Positif Ketahanan Informasi Olahraga

Palembang Tumbuhkan Minat Seni Silat pada Anak

Kamis, 09 Maret 2017 - 22:05 | 65.31k
Kejuaraan Nasional I Himpunan Seni Silat Generasi Penerus (Himssi GP). (Foto : AJP TIMES Indonesia)
Kejuaraan Nasional I Himpunan Seni Silat Generasi Penerus (Himssi GP). (Foto : AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Olahraga

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kejuaraan Nasional I Himpunan Seni Silat Generasi Penerus (Himssi GP) diikuti  ratusan peserta. Pesilat dari berbagai daerah seperti provinsi Riau, Jambi, Bengkulu siap bertanding di Aula SMP/SMA Olahraga Sriwijaya (SONS) Jakabaring, Palembang.

Ketua Umum PB Himssi GP Drs. H. M Akib. A. M.Si, Sekjen PB Himssi GP M. Helmi Yoga, Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dhennie Zainal, turut hadir dalam agenda ini.

Kejurnas tingkat I Himssi GP diawali pemukulan gong tanda dibukanya kegiatan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki yang sekaligus sebagai Ketua Himssi provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

"Kejurnas tingkat I Himssi GP ditujukan untuk mengevaluasi sejauh mana bakat dari taruna seni pencak silat, dan juga untuk mencari cikal bakal bibit unggul atlit pencak silat provinsi Sumsel," ujar Ishak Mekki, Rabu (8/3/2017). 

kejuaraa-silat-palembang1qT9aA.jpg

Ishak Mekki mengatakan, generasi penerus harus mencintai pencak silat. Sebab pencak silat merupakan warisan budaya leluhur Indonesia dan jangan sampai nanti pencak silat dikuasai budaya luar. 

Kejuaraan seperti ini merupakan kegiatan yang tidak hanya saja untuk meraih juara, tetapi juga sebagai sarana pengembangan pencak silat bagi generasi penerus. 

"Harapan saya dengan terselenggaranya kejurnas ini bisa meningkatkan kualitas pencak silat dibawah naungan Himssi," harapnya 

Di Provinsi Sumsel sendiri telah digalakan sekolah-sekolah agar memuat ekstrakulikuler pencak silat selain sebagai ekstrakurikuler. 

pencak-silat-palembangfARFP.jpg

Hal itu dilakukan sebagai bentuk pelestarian budaya dan menumbuhkan bibit jawara silat. Sejauh ini pencak silat di Sumsel itu selalu menjadi unggulan di berbagai kejuaraan. 

Tidak hanya itu saja di Sumsel juga telah melakukan turnamen keliling untuk mengajak dan memotivasi anak-anak daerah agar mencintai pencak silat.

"Jadi cintailah pencak silat yang menjadi warisan budaya leluhur Indonesia, sehingga pencak silat tidak dikuasai budaya luar, sebab negara-negara luar juga menyukai pencak silat, bahkan mereka mengambil pelatih-pelatih dari Indonesia untuk belajar pencak silat," tegas Mantan Bupati OKI dua periode ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES