Indonesia Positif Ketahanan Informasi Kamtibmas

Polres Malang Berdakwah Kamtibmas di Masjid

Jumat, 03 Maret 2017 - 23:49 | 57.75k
Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riono bersama warga Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. (Foto: Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)
Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riono bersama warga Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. (Foto: Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Kamtibmas

TIMESINDONESIA, MALANG – Menyampaikan pesan untuk tujuan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan. Seperti dilakukan Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Malang, Kompol Sunardi Riono saat berada di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Didampingi Bhabinkamtibmas setempat, Kompol Sunardi melaksanakan Safari Jumat di masjid yang berada di Dusun Banjar Patoman. Kepada para jama'ah masjid, dia menyampaikan tentang pentingnya menjalin silaturahmi. 

"Dengan silaturahmi, kita bisa saling mengenal lebih dekat dan bisa saling memberi  informasi atau saling memberikan masukan yang positif," papar Sunardi, Jumat (3/3/2017).

Menjalin silaturahmi, lanjutnya, sesuai dengan perintah Allah SWT sebagaimana tertulis dalam Al Qur'an surat Al-Asr, "Bahwa sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi, kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan. Dan orang-orang yang saling  menasehati tentang kebenaran dan saling menasehati tentang kesabaran."

Kabag Ops menyampaikan, bulan April 2017 mendatang, Desa Amadanom akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, bersama 58 desa lain di Kabupaten Malang.

Berdasar pengalaman sebelumnya, kesalahpahaman antar pendukung karena berbeda pilihan bisa berujung pada pertengkaran. Hal seperti ini tentu harus dihindari dengan sikap saling menghormati dan menghargai pilihan masing-masing. Dia mengingatkan bahwa Pilkades hanya proses dalam sistem demokrasi untuk memilih seorang pemimpin desa.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/03/03/ajp-polres-1-malanghBkS5.jpgKabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riono saat melaksanakan Safari Jumat di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. (Foto: Humas Polres Malang for TIMES Indonesia)

Dia menerangkan, dalam pandangan Islam hawa perbedaan adalah rahmat bahkan merupakan sunatulloh, sebagaimana Firman Allah dlm Al Qur'an surat Al-Hujurat ayat 13.

"Wahai Manusia, Aku jadikan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian aku jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah siapa yang paling bertaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui dan Maha mengenal."

Atas dasar Firman Allah itu, Sunardi meminta agar seluruh masyarakat tetap rukun, kompak dan bersatu.

"Manfaatkan Pilkades untuk memilih kepala desa yang menurut masyarakat adalah baik. Apabila ragu dalam menentukan pilihan, sebagai orang Islam, maka silahkan menjalankan apa yang pernah disunnahkan oleh Baginda Rasulullah SAW, ambil air wudlu dan laksanakan shalat Istikharah 2 rokaat untuk moho petunjuk kepada Allah SWT," pesannya.

Pada pelaksanaan Pilkades nanti, dia meminta masyarakat untuk menaati dan mematuhi kepada peraturan hukum yang berlaku. Dia pun berpesan, tidak ada lagi permasalahan yang harus diselesaikan dengan kekerasan atau anarkis.

"Tidak ada lagi hanya karena berbeda pilihan dalam Pilkades akhirnya berseteru, tidak saling menyapa apalagi bermusuhan," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-2 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES