Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Di Tangan Siswa SMP Sampah Plastik jadi Pakaian Unik

Senin, 27 Februari 2017 - 17:33 | 48.20k
Proses Pembuatan Baju Unik dari Sampah Plastik (Foto: Tim AJP TIMES Indonesia)
Proses Pembuatan Baju Unik dari Sampah Plastik (Foto: Tim AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – SMP Negeri 1 Gempol Pasuruan ciptakan model pakaian unik yang memanfaatkan limbah atau sampah plastik. Plastik termasuk sampah yang sulit terurai dalam tanah dan membutuhkan waktu bertahun-tahun. 

Untuk itu  Kepala Sekolah, Bagong Sarwo Edi, M.Pd. bekerjasama dengan Tim Adiwiyata membuat manajemen pengolahan sampah plastik menjadi pakaian unik.

Kegiatan ini dilakukan oleh siswa kelas 9 yang mendapatkan bimbingan dari wali kelas masing-masing. Untuk  model pakaian tidak ada ketentuan yang tetap, melainkan dengan kreasi masing-masing kelas. Pemanfaatan sampah plastik dipilih dengan harapan agar siswa sadar lingkungan dan dapat mengurangi konsumsi sampah plastik. 

“Siswa diharapkan mampu berpikir kreatif dan selektif untuk dapat mengurangi sampah plastik yang terdapat di lingkungan SMP Negeri 1 Gempol Pasuruan,“ kata Lilis Sutrini, koordinator POKJA Sampah.

Sementara itu Bagong Sarwo Edi, M.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gempol sangat mengapresiasi kegiatan ini, sehingga untuk hasil pakaian unik yang sudah jadi akan ditampilkan siswa kelas 9 di pameran akhir semester genap.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES