Kesehatan

Waspada, WiFi Bisa Mengancam Nyawa Manusia

Sabtu, 25 Februari 2017 - 02:19 | 39.56k
ILUSTRASI - Bahaya jaringan wifi (Foto: Shutterstock)
ILUSTRASI - Bahaya jaringan wifi (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – WiFi (Wireless Fidelity) dekat dengan manusia yang hidup di era digital. Sebagai media penghantar komunikasi tanpa kabel, WiFi digunakan manusia untk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Namun, WiFi ternyata menyimpan potensi yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Sebuah penelitian menemukan bahwa router WiFi mempengaruhi pertumbuhan anak-anak hingga tanaman. Alasannya, radiasi elektromganetik yang dimiliki WiFi mampu menembus tubuh dan mengacaukan sistem di dalamnya.

Dilansir dari boldsky.com, berikut ini beberapa efek buruk dari WiFi.

1. Menurunkan Konsentrasi
Peningkatan radiasi WiFi dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas otak, yang selanjutnya akan mempengaruhi daya konsentrasi serta penurunan memori dalam jangka panjang.

2. Mempengaruhi Pertumbuhan Sel
Temuan penelitian, radiasi yang dipancarkan dari sinyal WiFi bisa merusak sel-sel dalam tubuh manusia. Akibatnya, seluruh fungsi di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan baik.

3. Menguras Energi
Salah satu efek negatif dari radiasi adalah kelelahan kronis. Radiasi dapat menguras energi manusia sehingga tak bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan baik.

4. Memicu Gangguan Jantung
Akibat respon fisik dari gelombang elektromagnetik adalah meningkatnya denyut jantung manusia. Bahkan mirip dengan detak jantung ketika seseorang berada dalam tekanan. Hal ini semakin laman akan meningkatkan serangan jantung.

5. Menyebabkan Insomnia
Terpapar radiasi elektromagnetik terlalu lama mempengaruhi pola gelombang otak, selanjutnya bisa merusak pola tidur. Rusaknya pola tidur ini lambat laun mengarah pada munculnya insomnia.

Lantas, bagaimana mencegahnya? Efek buruk yang ditimbulkan ini, tentunya membahayakan kesehatan dan nyawa manusia. Tips berikut ini membantu agar tidak terancam oleh paparan WiFi.

Menjelang tidur, matikan sinyal WiFi untuk mencegah radiasi malam hari.  Selain itu, letakkan router di tempat yang anda jarang menetap atau berdiam diri. Maksudnya untuk meminimalkan paparan radiasinya.

Bila anda mempunyai bayi, hindarkan dari sinyal WiFi. Bayi lebih rentan terkena radiasi yang dapat berakibat terganggunya pertumbuhan sel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES