Peristiwa Nasional

Antrean Haji 30 Tahun, Kalsel Berharap Dapat Luberan 1.000 Jamaah

Jumat, 24 Februari 2017 - 08:11 | 29.49k
Jamaah Haji Indonesia (Foto: aktual)
Jamaah Haji Indonesia (Foto: aktual)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebijakan Kemenag RI yang memberlakukan distribusi kuota jamaah haji mulai 2017 ini cukup melegakan Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Selatan. Mereka berharap tahun 2017 ini kuota haji di wilayahnya bisa ditambah minimal 1.000 jamaah. 

Dengan penambahan kuota itu maka antrean haji yang sudah mencapai 30 tahun ini bisa diperpendek. Harapan itu disampaikn Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel Noor Fahmi.

Kepada Kalsel TIMES (TIMES Indonesia Network) Fahmi mengatakan, antrean sampai 30 tahun terjadi karena hingga Januari 2017 ini jumlah antrean haji yang sudah terdata di kantornya mencapai 92 ribu orang. Sementara kuota haji Kalsel sejak 2013 sampai 2016 hanya 3.050 orang.

Harapan satu-satunya, kata Fahmi, ada pada pengembalian jatah keberangkatan haji nasional sebanyak 211 ribu orang ditambah bonus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebanyak 10 ribu orang pada musim haji 2017 ini. Lalu kebijakan pendistribusian kuota bagi provinsi yang masih minim.

“Dengan pengembalian jatah nasional itu, asumsi kuota haji Kalsel bisa ditambah 1.000 jamaah. Moga-moga lebih atau mendapat luberan kuota haji lain daerah,” ujar Fahmi.

Sementara itu, beberapa maskapai yang selama ini membidik bisnis penerbangan umrah ke Makkah semakin meningkatkan fasilitasnya. Garuda Indonesia (GI) telah mengajukan permohonan perizinan angkutan umrah  ke pihak PT Angkasa Pura dengan rute langsung Banjarmasin-Jeddah.

Dengan penerbangan langsung itu, maka terjadi efesiensi waktu dan operasional. General Manager Garuda Indonesia Banjarmasin, Cecep Budiman, mengatakan, pihaknya  sudah mengajukan ke Angkasa Pura. "Kemungkinan bulan Desember bisa terealisasi,'' ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES