Rabu, 21 November 2018
Peristiwa - Daerah

Markas Batalyon Kostrad 515 SIap Dibangun di Banyuwangi

Markas Batalyon Kostrad 515 SIap Dibangun di Banyuwangi Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana (kiri) didampingi Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Roby Bulan menjelaskan relokasi markas Batalyon Kostrad 515 (Foto: Ahmad Su’udi / TIMES Indonesia)
Kamis, 16 Februari 2017 - 17:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Panglima Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana, melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Banyuwangi, Kamis (16/2/2017).

Pada kesempatan itu, Pangdam Made menjelaskan, rencana pembangunan Markas Batalyon Kostrad 515 di Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan relokasi dari tempat sebelumnya yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Lokasi sebelumnya yang di Jember tidak memenuhi syarat. Idealnya dengan luas lahan Rp 60 hektar. Posisi kita hanya menunjukkan lahan kita, bukan kita yang putuskan,” kata Pangdam Made.

Sementara itu di Banyuwangi masih dalam survey lahan seluas 40 hektar, dimana keputusan final nantinya akan diambil Komando Pusat. Persyaratan lain dibangun Markas Batalyon Kostrad diantaranya tersedianya sumber air, tidak terlalu jauh dengan fasilitas umum misalnya fasilitas pendidikan dan tersedianya lahan tempat latihan.

“Senjata untuk latihan biasanya senjata ringan. Yang mau dibangun itu satu-satunya tanah milik TNI AD di sini. Syukur-syukur kalau Pemda membantu, akan lebih bagus lagi, kalau tidak maka menunggu pembahasan Renstra (rencana setrategi red.) 5 tahunan TNI AD,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Perwakilan dari Kodam V Brawijaya dan Brigif 9 Kostrad telah melakukan peninjauan lokasi di tanah milik TNI seluas 40 hektar di daerah Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat.

“Itu dilakukan dalam rangka gelar pasukan dan redislokasi pasukan guna wilayah perhanan darat, khususnya diwilayah paling timur pulau Jawa,” ucap Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Roby Bulan, Senin (6/2/2017).

Di Jember, lanjut Roby, saat ini memang ada dua Batalyon dibawah Kostrad. Yakni Yonif Raider 509/ Balawara Yudha dan Yonif Raider 515/ Ugra Tapa Yudha. Karena itu salah satunya dipindah ke Bumi Blambangan.(*)

Jurnalis : Ahmad Su'udi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration