Gaya Hidup

Bukan Sekedar Gaya, Ini Pentingnya Kaca Mata Hitam

Rabu, 15 Februari 2017 - 02:18 | 39.85k
Ilustrasi. (Foto: paper4pc.com)
Ilustrasi. (Foto: paper4pc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kaca mata hitam saat ini sedang menjadi tren di masyarakat. Kaca mata hitam hadir dengan berbagai bentuk dan warna. Tahukah Anda jika sering menggunakan kaca mata hitam bisa bermanfaat untuk mata. Kaca ata hitam dapat meminimalkan kerusakan mata akibat sinar ultraviolet.

Seorang konsultan medis, Justin Bazan, mengatakan kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) pada mata bisa terjadi dalam waktu sesingkat 15 menit. Karena itu sangat disarankan sesering mungkin menggunakan kaca mata.

Radiasi UV sangat berbaahaya, bahkan bisa merusak sampai level DNA. Bahaya sinar matahari pada mata antara lain mata terbakar, iritasi mata, sulit berkedip, katarak, atau degenerasi makula yang membuat penglihatan kabur.

Paparan sinar ultraviolet paling kuat terjadi pada jam 14-16 sore. Sumber paparan sinar UV bisa dari mana saja, termasuk dari jendela mobil. Hal ini karena aspal jalan memantulkan 9 persen ultraviolet, dan beton sampai 25 persen. Berada di dekat air juga paling berbahaya karena sinar UV yang dipantulkan sampai 100 persen.

Sementara itu, dalam memilih kaca mata hitam sangat disarankan yang memiliki kualitas bagus. Kacamata hitam yang dipakai sebaiknya yang mampu menahan 99-100 persen ultraviolet A dan Ultraviolet B. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Medical Daily

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES