Peristiwa - Daerah

Kecamatan Kabat Banyuwangi Akan Punya Batalyon Kostrad

Kecamatan Kabat Banyuwangi Akan Punya Batalyon Kostrad Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Senin, 06 Februari 2017 - 11:12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam waktu dekat, di Kecamatan Kabat, Banyuwangi, tepatnya di Desa Pakistaji, akan dibangun Batalyon Kostrad. Hal ini disampaikan Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan.

Menurutnya, pembangunan tersebut merupakan agenda TNI AD dalam memindahkan satu Batalyon infanteri Raider yang sebelumnya berada di Jember. Perwakilan dari Kodam V Brawijaya dan Brigif 9 Kostrad juga sudah melakukan peninjauan lokasi di tanah milik TNI seluas 40 hektar di daerah Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat.

“Itu dilakukan dalam rangka gelar pasukan dan redislokasi pasukan guna wilayah perhanan darat, khususnya diwilayah paling timur pulau Jawa,” ucap Dandim, Senin (6/2/2017).

Di Jember, lanjut Roby, saat ini memang ada dua Batalyon dibawah Kostrad. Yakni Yonif Raider 509/ Balawara Yudha dan Yonif Raider 515/ Ugra Tapa Yudha. Karena itu salah satunya dipindah ke Bumi Blambangan.

Keberadaan Batalyon Kostrad di Banyuwangi, dipastikan akan membawa banyak dampak positif bagi stabilitas keamanan. Terlebih letak geografis yang berada pada batas paling timur selalu menjadi perlintasan warga saat akan masuk ke Jawa. Belum lagi banyaknya warga asing di Bali, cukup rawan tersusupi mata-mata.

“Wilayah Banyuwangi kan juga sangat luas, dengan adanya Batalyon Kostrad, saat dibutuhkan pengamanan di Bali atau Banyuwangi sendiri bisa lebih cepat, kalau selama ini kita harus menunggu dari Jember atau Malang, jadi sangat tepat jika ada batalyon disini,” cetus Dandim Roby.

Dengan berdirinya Batalyon Kostrad, juga dipastikan akan makin menggerakan ekonomi lokal Banyuwangi. Karena diperkirakan Batalyon akan diisi 700 personil anggota dan jika beserta keluarga, jumlahnya mencapai 1000 orang lebih.

“Kemungkinan pembangunan batalyon Kostrad akan dimulai tahun ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Kabat, Drs Susanto Wibowo MM, menyambut baik rencana TNI AD ini. Dia optimis, jika Batalyon Kostrad sudah berdiri, stabilitas keamanan di wilayah Kabat akan lebih terjaga.

“Kami sangat mendukung, karena kami yakin akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kabat,” katanya. (*)

Jurnalis : Syamsul Arifin
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration