Gaya Hidup

Sehatkan Pencernaan dengan Nasi Merah

Senin, 06 Februari 2017 - 08:18 | 58.56k
ILUSTRASI. Beras merah. (Foto: ndtvimg.com)
ILUSTRASI. Beras merah. (Foto: ndtvimg.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tren konsumsi nasi merah semakin banyak diikuti masyarakat. Dari yang beralasan ingin hidup lebih sehat hingga untuk diet. Terlepas dari berbagai alasan itu, ternyata nasi merah memang memiliki manfaat yang lebih dibandingkan nasi putih.

Nasi merah lebih mengenyangkan dibandingkan nasi putih. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam nasi merah antara lain adalah zat besi, mineral, karbohidrat, serat, lemak dan beberapa senyawa antosianin yang bermanfaat menyembuhkan beberapa penyakit kronis. 

Konsumsi nasi merah dalam jumlah tepat memang bermanfaat untuk kesehatan. Nasi merah bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan, menstabilkan gula darah dalam tubuh dan menurunkan kolesterol.

Beras merah mengandung lebih banyak serat dibandingkan beras putih. Kandungan serat tinggi di dalam kandungan beras merah inilah sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan, seperti membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Bukan hanya itu saja kandungan serat juga sangat baik dalam menjaga dan melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi nasi merah dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan obesitas dan berbagai risiko penyakit lainnya. Sebaiknya anda juga mengimbangi pola hidup sehat meskipun sudah mengonsumsi nasi merah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES