Kesehatan

VCO Dapat Memperlancar Persalinan Bagi Ibu Hamil

Senin, 06 Februari 2017 - 02:01 | 2.18m
Peserta KKN Periode I saat mengenalkan produk VCO dalam Acara Gerakan 1 Village 1 Product di Alun-alun Bondowoso (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)
Peserta KKN Periode I saat mengenalkan produk VCO dalam Acara Gerakan 1 Village 1 Product di Alun-alun Bondowoso (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni, punya banyak khasiat, yaitu menyehatkan kulit hingga dapat memperlancar persalinan bagi ibu hamil. Produk itu di inovasi oleh mahasiswa KKN di Desa Cermee Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso.

VCO ini merupakan fermentasi dari santan kelapa yang dicampur dengan ragi roti, tanpa ada campuran bahan kimia lainnya. Sehingga sangat aman bagi tubuh manusia, dan dapat menjaga kesehatan.

"Prosesnya dari kelapa murni lalu diambil santannya, kemudian diendapkan lalu di fermentasi dengan ragi roti, maka hasilnya akan menjadi bening dan siap dikonsumsi. Kami kemas pada botol 50 ml sehingga lebih menarik," kata Zen Arahman Koordinator KKN Desa Cermee, Minggu (5/2/2017)

Selain itu juga VCO ini, dapat memperlancar persalinan bagi ibu hamil kemudian bisa menyehatkan kulit, menumbuhkan rambut serta memperkuat akar rambut.

Menurut Zen, VCO ini bila dikonsumsi secara rutin 2 sendok makan x1 hari bagi ibu hamil bisa, mempermudah persalinan sekaligus menyehatkan kulit. 

Produk  inovasi ini diproduksi  karena melihat kondisi desa memiliki banyak sekali pohon kelapa yang ada di pematang sawah milik warga desa Cermee Kecamatan Cermee.

"Potensi pohon kelapa disana sangat besar, dan hanya dijual buahnya saja sehingga kurang ekonomis. Lalu kami berinovasi untuk dibuat sebagai VCO tersebut," ujarnya.

Harga yang ekonomis hanya Rp7000, bisa didapatkan di BUMDES Cermee dan melalui website desa. Harapan kedepannya penjualan VCO ini makin luas, tak hanya di sekitar Kabupaten Bondowoso saja, namun bjsa dijual keseluruh Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES