Ekonomi

Mudahkan Petani, Kemenperin Kembangkan Mobil Pedesaan

Sabtu, 04 Februari 2017 - 09:55 | 43.01k
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenperin)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Perindustrian tengah membangun prototipe kendaraan niaga multiguna untuk pedesaan yang ditargetkan rampung pada Agustus 2017. Kendaraan ini akan memudahkan aktivitas masyarakat di daerah dengan fungsinya sebagai alat angkut hasil pertanian dan perkebunan.

"Kendaraan pedesaan adalah wujud kemandirian industri nasional karena 100 persen komponennya dari dalam negeri. Kendaraan ini juga diharapkan mendorong kegiatan ekonomi di pedesaan, termasuk bagi sektor industri kecil dan menengah (IKM)," kata Menperin Airlangga Hartarto, dalam rilis pers, Sabtu (4/2/2017).

Mobil pedesaan ini didesain seperti pickup, beroda empat dan bagian belakangnya bisa diubah-ubah sesuai aktivitasnya sehingga bisa membawa alat atau hasil pertanian. Untuk variannya, menurut Menperin, akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan, mobil pedesaan ini akan dijadikan pengganti dari kendaraan angkut pertanian seperti grandong.

"Selama ini, untuk mengangkut hasil pertanian, para petani membuat alat angkut rakitan dari mesin diesel. Karena buatan sendiri, grandong tidak memenuhi standar keamanan," jelasnya.

Mobil pedesaan ini, lanjutnya, nantinya bisa difungsikan juga untuk mesin perontok padi, penggiling biji-bijian hingga mesin pengolah sampah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES