Gaya Hidup

Film Superhero Berpotensi Jadikan Anak Agresif

Kamis, 02 Februari 2017 - 04:22 | 28.87k
ILUSTRASI. Tokoh superhero dalam film Batman VS Superman. (Foto: denofgeek.com)
ILUSTRASI. Tokoh superhero dalam film Batman VS Superman. (Foto: denofgeek.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menonton film bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu bersama keluarga. Namun jagan asal memilih film saat melihatnya bersama anak-anak. Melihat film-film superhero seperti Spiderman, Captain America, dan Iron Man ternyata dapat membuat anak menjadi agresif.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Abnormal Child Psychology mengungkapkan anak-anak lebih menyerap kekerasan yang terkandung dalam film daripada meniru pesan moral seperti membela kebajikan yang dilakukan oleh tokoh film.

Penelitian ini dilakukan dengan mempelajari 240 anak yang belum masuk sekolah. Dilansirdari  Good Housekeeping, dalam penelitian ini peneliti menanyakan karakter superhero kesukaan anak-anak tersebut dan alasannya.

Hasilnya, satu dari lima anak menyebut keahlian dan kekuatan superhero untuk bertarung dan membunuh sebagai alasannya. Sementara itu, hanya 10 persen anak-anak yang mengidolakan superhero karena melindungi karakter lain.

Meski berdampak membuat anak menjadi agresif, penulis utama studi ini, Sarah M Coyne, tidak melarang anak-anak untuk menonton film superhero. Dia menyarankan orangtua untuk mendampingi dan membantu anak-anak menyerap pesan moralnya. Selain itu, orangtua juga berkewajiban untuk mengurangi fokus anak pada kekerasan dalam film-film yang mereka tonton. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES