Kesehatan

Ahli: Gangguan Tiroid Picu Kelainan Irama Jantung

Rabu, 01 Februari 2017 - 01:28 | 48.82k
ILUSTRASI. Gangguan jantung. (Foto: hipwee.com)
ILUSTRASI. Gangguan jantung. (Foto: hipwee.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gangguan tiroid dapat menyebabkan kelainan irama jantung atau Atrial Fibrilasi (AF). Tanda kelainan irama jantung ini salah satunya adalah detak jantung yang tidak teratur. Detak jantung bisa melambat, cepat atau kombinasi keduanya.

"AF merupakan kelainan irama jantung kamar atas (atrium). Salah satu gejala yang paling mudah dikenali adalah detak jantung yang tidak teratur," ujar ahli penyakit jantung dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Dr Antono Sutandar SpJP(K)  di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Antono menjelaskan gangguan tiroid baik hipertiroid maupun hipotiroid dapat mengakibatkan detak jantung berdetak lebih cepat dan lambat. Jika AF tersebut terlalu cepat, maka dapat disertai dengan keluhan gagal jantung, seperti sesak napas dan cepat lelah. Sedangkan jika lambat disertai dengan keluhan seperti mau pingsan dan kehilangan kesadaran sementara.

Penanganan kelainan irama jantung ini, lanjutnya, dapat dilakukan melalui dua cara yaitu hidup berdampingan dengan AF untuk mencari keseimbangan irama supaya tidak terlalu cepat atau lambat dan mengembalikan irama menjadi normal.

Prevalensi pasien AF semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Usia di atas 75-80 tahun dengan prevalensi 10-15 persen. Kelainan irama jantung yang terus menerus atau yang hilang timbul mempunyai risiko stroke yang meningkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES