Peristiwa Daerah

Latih Komunikasi dan Kemandirian, Siswa SD Alam Outing ke Pasar

Rabu, 25 Januari 2017 - 16:36 | 140.88k
Siswa Kelas 3 SD Alam Baiturrahman Bontang didampingi Guru Pendamping setelah belajar bertransaksi di Pasar Modern Koka Mart Kopkar Pupuk Kaltim, Selasa (24/1/2017) pagi. (Foto: Andry Subandono / TIMES Indonesia)
Siswa Kelas 3 SD Alam Baiturrahman Bontang didampingi Guru Pendamping setelah belajar bertransaksi di Pasar Modern Koka Mart Kopkar Pupuk Kaltim, Selasa (24/1/2017) pagi. (Foto: Andry Subandono / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbagai macam kegiatan indoor dan outdoor dilakukan di sekolah SD Alam Baiturrahman Bontang. Kali ini, SD Alam melaksanakan Outing untuk siswa kelas 3. Outing hari Selasa (24/1/2017) pagi itu mengunjungi dua pasar yang berbeda, yakni pasar tradisional Citra Mas Lhoktuan dan pasar modern Koka Mart di Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim.

Rina Riyanti, salah satu guru kelas 3, mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sebagai aplikasi langsung di dunia nyata atas tema buku 'Berdagang ala Rasulullah' yang saat ini sedang dipelajari siswa. "Jadi tema buku itu dikaitkan dengan outing kali ini," jelas Rina. 

SD-Alam-30OnLH.jpg

Siswa akan terjun langsung melakukan transaksi jual beli dengan pedagang di pasar sekaligus melakukan wawancara yang berkaitan dengan komoditi pasar. Selanjutnya siswa akan menuliskan laporan wawancaranya yang kemudian diserahkan pada guru pendamping.

Masing-masing siswa dibekali uang Rp10 ribu oleh orangtuanya. Bila orangtua memesan bahan-bahan makanan yang ada di pasar pada anaknya, orangtua harus memberikan uang tambahan untuk berbelanja di pasar. "Siswa dibekali sepuluh ribu oleh orangtuanya, digunakan untuk diri sendiri. Diluar pesanan belanja orangtuanya," jelas Rina.

SD-Alam-2VEFv1.jpg

Sebelum memasuki pasar tradisional Citra Mas Lhoktuan, siswa diberi pengarahan oleh guru pendampingnya.

Pantauan BontangTIMES saat mengikuti kegiatan ini, siswa diajarkan untuk lebih berani bertanya saat melakukan transaksi jual beli dan wawancara dengan pedagang. "Tatapi ada etikanya ya kalau bertransaksi dan wawancara, kalau tanya pedagang bergantian," pesan Rina kepada siswanya.

Rina juga berpesan pasa siswa agar tidak menghabiskan uang yang sepuluh ribu itu di pasar tradisional karena selanjutnya siswa akan diajak mengunjungi pasar modern Koka Mart di Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim.  

SD-Alam-1mH7cr.jpg

Beberapa siswa terlihat belanja di pasar tradisional itu, ada yang berbelanja sayuran, tahu dan tempe, ada pula yang memborong jajan pasar. Salah satunya, Hana, Ia membeli sayur bayam dan tomat untuk dimasak dirumah. "Buat di rumah om, dimasak sama ibu," terang Hana.

Setelah selesai berbelanja di pasar Citra Mas Lhoktuan, tujuan selanjutnya pasar modern Koka Mart yang berada di Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, jalan Catelya.

BontangTIMES berkomunikasi dengan salah satu siswa, Abhi Naya Ananta Maulana, saat mengambil dua buah susu kemasan di etalase Koka Mart. Ternyata susu yang dibelinya akan diberikan untuk ibunya di rumah. "Satu saya, yang ini buat umi saya di rumah om," jawabnya polos sambil menunjukkan salah satu susu kemasan itu.

Rina berharap, dengan kegiatan outing ini siswa memiliki jiwa yang lebih mandiri dan menumbuhkan keberanian serta aktif membantu orangtua dalam kehidupan sehari-harinya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES