Ekonomi Bondowoso Istana Organik

Jamur Tiram Bondowoso Laris Manis di Pasar Situbondo

Senin, 23 Januari 2017 - 20:09 | 269.94k
Baglog jamur tiram siap dibudidayakan (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
Baglog jamur tiram siap dibudidayakan (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Istana Organik

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kelompok Petani Jamur Suka Maju 5, di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terus mengembangkan budidaya jamur tiram. Usahanya tak sia-sia. Kini, para petani itu, sudah bisa memasok Jamur tiram  ke banyak pasar di Bondowoso sendiri dan bahkan sudah berhasil 'menguasai' pasar di Kabupaten Situbondo.

Perkembangan budidaya Jamur Tiram di Kabuparten Bondowoso itu, terlihat semakin berkembang. Awalnya, hanya satu rumah jamur. Kini sudah mencapai tujuh rumah jamur. Semua pengelola digeluti oleh kaum ibu-ibu.

"Jamur ini berkembang perlahan tapi pasti. Dulu saya mengajari satu rumah dan hingga berkembang menjadi tujuh rumah jamur," terang Sugeng, Programer BPP Sumber Wringin, kepada TIMES Indonesia, Senin (23/1/2017).

Diketahui, Jamur tiram di Sumber Wringin sangat diminati oleh banyak warga di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo. terbukti, setiap panen, selalu ludes terjual. Jamur Tiram Bondowoso, laris manis di pasar Bondowoso.

"Pasar jamur tiram sangat menjanjikan. Berapa pun produksi, selalu terjual habis. Rata-rata produksi disini 40 kg hingga 80 kg sehari dan pasti habis. Laris manis di Pasar Situbondo," aku Sugeng.

Pasar lokal Sukosari katanya, juga sudah disuplai jamur tiram dari Sumber Wringin. Kedepannya, akan terus dikembangkan untuk memenuhi pasar di daerah-daerah di sekitar Bondowoso.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES