Peristiwa Nasional

Naikkan Indeks Kepuasan Haji, Kemenag Tancap Gas

Kamis, 12 Januari 2017 - 12:35 | 20.88k
ILUSTRASI: Jamaah Haji. (Foto: Tribunnews)
ILUSTRASI: Jamaah Haji. (Foto: Tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bertambahnya kuota haji Indonesia pada 2017 ini memantik semangat Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI untuk meningkatkan layanan haji. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil pun berkomitmen terus meningkatkan layanan haji tersebut.

Mantan Rektor IAIN Walisongo Semarang ini menegaskan, seiring dengan bertambahnya kuota jemaah haji, maka persiapan yang harus dilakukan juga perlu ditambah, salah satunya terkait dengan petugas haji.

Djamil mengaku concern dengan persoalan petugas dan akan memberikan persiapan khusus agar jemaah haji Indonesia bisa dilayani dengan baik. "Akan ada persiapan khusus untuk konsolidasi petugas yang akan melayani jemaah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan profesionalitas dan dedikasi mereka dalam memberikan pelayanan kepada jemaah," tandasnya.

Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2016 naik 1,16 point. Kalau pada tahun 2015 tingkat kepuasan jemaah sebesar 82,67, tahun ini naik menjadi 83,83. Ada sembilan kategori layanan yang disurvei BPS kepada jemaah haji dan semuanya masuk dalam kategori memuaskan.

Untuk layanan petugas kloter naik 0,91 point dibanding hasil survei tahun 2015 menjadi 86,4. Demikian juga dengan layanan petugas non kloter, naik 0,26 poin menjadi 84,27.

Meski demikian, kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto saat rilis hasil survei, 15 November 2016, mengatakan bahwa masih ada sebagian jemaah yang merasa sulit mengenali petugas non kloter.

"Mereka menyarankan agar atribut para petugas non kloter lebih diperjelas, agar memudahkan mereka dalam meminta bantuan para petugas tersebut," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES