Kesehatan

Mencegah Penyakit Jantung dengan Teh Hijau

Rabu, 11 Januari 2017 - 02:31 | 23.14k
ILUSTRASI. Teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung. (Foto: nutritionsecrets.com)
ILUSTRASI. Teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung. (Foto: nutritionsecrets.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teh hijau sudah dikenal sebagai minuman yang memiliki khasiat untuk tubuh. Selain dapat membantu melangsingkan tubuh dan merawat kecantikan, teh hijau dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah kajian yang melibatkan lebih dari 40.500 orang dewasa di Jepang membuktikan manfaat teh hijau untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang meminum lima atau lebih cangkir teh hijau per hari berpotensi 26 persen lebih rendah meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibanding mereka yang hanya minum satu cangkir per hari.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat pada tahun 2011 juga mengungkapkan hal yang sama. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum 1-6 cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular (lebih dari rata-rata 13 tahun) lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang tidak minum apapun.

Para ahli juga mengatakan, penurunan risiko ini bisa disebabkan karena berkurangnya kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Keduanya merupakan faktor penting dalam menyebabkan penyakit jantung.

Meski dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kepala penasihat medis Consumer Reports Marvin M. Lipman, MD mengatakan teh hijau bukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan. 

"Temuan ini menarik, dan tidak ada salahnya minum teh hijau dalam jumlah yang wajar. Tapi itu bukanlah obat ajaib," ujar Marvin.

Agar terhindar dari penyakit jantung, seseorang harus menjalani pola hidup yang sehat. Di antaranya adalah makan makanan sehat yang mencakup banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, olahraga juga harus dilakukan serta menghindari merokok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES