Gaya Hidup

Kesalahan Pria dalam Merawat Rambut

Rabu, 11 Januari 2017 - 01:18 | 69.46k
ILUSTRASI - Tips merawat rambut untuk pria (Foto: Unileverservices)
ILUSTRASI - Tips merawat rambut untuk pria (Foto: Unileverservices)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Merawat diri tak didominasi oleh wanita saja. Sebagai penunjang penampilan, pria pun harus pandai-pandaiu merawat diri. 

Tak banyak memang yang harus diperhatikan oleh kaum adam dalam menjaga penampilan. Namun harus tetap diperhatikan agar penampilan tetap maksimal.

Salah satunya perawatan rambut. Terdengar sepele memang, tapi sangat mengganggu bila rambut kaum pria tak dirawat. 

Keramas menjadi salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan oleh pria. Namun masih banyak yang tak mengetahui, dirinya melakukan kesalahan dalam merawat rambut.

Dilansir dari Timesofindia, berikut beberapa kesalahan pria dalam merawat rambut.  

Salah bilas

Salah bilas di sini maksudnya ialah saat mencuci atau mengeramasi rambut, para pria kerap tidak total dalam membilas rambut secara menyeluruh. Kebiasaan membilas rambut yang terburu-buru dan asal ini, akhirnya membuat sisa-sisa residue sampo dan kondisioner kerap tertinggal di batang-batang rambut. 

Sisa sampo yang tertinggal di rambut akan lebih merusak rambut, selain membuat rambut menjadi lepek dan berminyak. Kondisi ini juga membuat kotoranh di rambut malah akan semakin banyak.

Tidak mengeringkan rambut

Buru-buru mengaplikasikan segala produk hair styling di saat rambut belum benar-benar kering adalah big no-no. Biasakan menata rambut atau mengoles segala produk hair styling saat kondisi rambut semuanya telah kering. Dengan ini style yang diaplikasikan juga akan lebih tahan lama.

Salah pilih

Salah pilih gaya rambut adalah kesalahan yang kerap dilakukan pria. Para pria seringkali tidak mempertimbangkan banyak faktor ketika menentukan gaya potongan rambut.

Selalu koordinasikan banyak faktor seperti, bentuk wajah, tipe rambut, gaya hidup, hingga sifat dan kepribadian ketika menentukan suatu gaya potongan rambut.

Menutupi pitak

Masalah kerontokan rambut jadi masalah semua orang, namun seringnya para kaum Adam lebih memilih untuk menutupi bald spot atau pitak di kepala dengan menambah hairline di bagian depan kepala.

Cara ini malah akan membuat pitak di kepala akan jauh lebih terlihat, ketimbang ditutupi terus menerus. Disarankan sebaiknya untuk mengobati alias mengatasi masalah kerontokan rambut tersebut.

Salah frekuensi mencuci

Kebiasaan terlalu sering keramas sama buruknya dengan kebiasaan jarang mencuci rambut. Tentukan frekuensi mencuci rambut dengan memahami tipe rambut, kualitas rambut secara keseluruhan, jumlah produk rambut yang digunakan, dan juga aktivitas sehari-hari yang menguras keringat.

Menggaruk kulit kepala

Kebiasaan menggaruk-garuk kulit kepala saat keramas selain akan menyebabkan iritasi, juga akan membuat folikel-folikel rambut menjadi semakin lemah hingga akhinya membuat kerontokan rambut menjadi lebih banyak. Biasakan untuk tidak menggaruk kulit kepala saat keramas, sebaliknya beri pijatan pelan dengan gerakan teratur di kulit kepala. Metode ini akan memperlancar aliran darah di area sekitar kepala dan rambut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES