Peristiwa - Daerah Pencemaran Sungai

Ribuan Ikan di Dam Irigasi Karangdoro Banyuwangi Kembali Mati

Ribuan Ikan di Dam Irigasi Karangdoro Banyuwangi Kembali Mati Warga mencari ikan di sekitar Dam Bango Sere, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi yang mabuk dan mengapung, Minggu (8/1/2017).(Foto : Romi S/TIMESIndonesia)
Minggu, 08 Januari 2017 - 12:19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan ikan kembali mati mendakak di sepanjang aliran Dam Irigasi Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (8/1/2017) siang.

Kejadian tersebut diketahui warga mulai pukul 09.00 WIB. Tanpa dikomando puluhan warga langsung mencari dan memunguti ikan yang mabuk dan mengapung mati di sepanjang aliran dam irigasi. Ikan yang mabuk dan mati bahkan mencapai aliran sungai Sampean, Kecamatan Bangorejo yang jaraknya 10 kilometer dari lokasi dam.

Seperti yang dilakukan ibu-ibu tepian sungai Sampean, Sri Utami, mengetahui ikan banyak yang mati, langsung bergegas merapat di tepian sungai.

"Kalau di atas (Dam Irigasi Karangdoro) sudah mulai jam sembilan, mamun nyampek sini sekitar pukul setengah sebelasan," kata Sri, sambil menyerok ikan dengan jaring yang sudah disiapkan.

ikan-matii3l8T.jpg

Belum diketahui pasti penyebab ribuan ikan di sungai tiba-tiba mati, namun sebagian warga berkeyakinan bahwa matinya ikan di sepanjang sungai Kalibaru hingga ke arah laut Kecamatan Muncar, disebabkan limbah dari pabrik tebu di Kecamatan Glenmore.

"Sepertinya limbah tebunya dibuang ke sungai kembali oleh pabrik," kata Ryan yang hanya melihat puluhan warga mencari ikan disungai.

Ryan dan warga lainnya sangat menyayangkan kejadian ini, karena dalam dua minggu terahir ini sudah tiga kali terjadi ikan yang ada di sepanjang sungai mati mendadak.(*)

Jurnalis : Romi Syahroni
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Loading...
Registration