Glutera News

Enam Alasan Utama Mengapa Wanita Perlu Fitnes

Jumat, 06 Januari 2017 - 17:07 | 249.70k
ilustrasi (gluteranews)
ilustrasi (gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika saat ini Anda sudah rutin melakukan yoga dan jogging, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk mengikuti program fitnes. Kebanyakan wanita merasa tidak yakin dan tidak nyaman mengikuti fitnes.

Hal ini dikarenakan perasaan takut memiliki badan besar berotot seperti pria. Juga khawatir akan berbahaya yang akan terjadi pada sendi wanita.

’’Kenyataannya, fitnes justru sangat membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar dan lebih sehat. Tidak hanya bugar, program fitnes juga dapat memaksimalkan usaha diet Anda,’’ ujar Andri Ariestianto, maestro Glutera Indonesia.

Apa alasan wanita memerlukan fitnes? Berikut ulasan Andri.

1. Kalori Berkurang, Kekuatan Bertambah 

Kalori yang digunakan oleh tubuh Anda akan lebih efisien ketika massa dan kekuatan otot Anda bertambah. Latihan beban dan fitnes membakar kalori lebih banyak dibandingkan berjalan, berjalan membakar kalori lebih banyak dibandingkan berdiri, dan berdiri membakar kalori lebih banyak dibandingkan duduk.

Kalori yang dibakar oleh tubuh akan semakin banyak jika kontraksi ototpun banyak. Jadi, agar kalori Anda tidak tertimbun jadi lemak, maksimalkan pembakaran kalori melalui fitnes. Kontraksi otot akan menambah kekuatan dan mengurangi kalori tubuh.

2. Lebih Efektif Membakar Lemak Tubuh 

Banyak orang yang takut fitnes dan takut angkat beban. Mereka menganggap melakukan hal tersebut hanya akan menambah ukuran otot sehingga membuat mereka keliatan besar. Padahal tujuan fitnes tidak hanya itu, melainkan juga untuk membakar lemak tubuh.

Manfaat yang paling terasa selama maupun setelah fitnes adalah kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat, bahkan berhari-hari setelah fitnes pun demikian. Hal ini biasa disebut EPOC, Excess Post-Exercise Oxygen Consumption. Ketika tubuh menggunakan oksigen yang lebih banyak, maka kalori yang dilepas akan lebih banyak untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Membentuk Tubuh

Hal yang paling diidam-idamkan wanita adalah memiliki bentuk tubuh seksi dan ideal. Saat Anda membentuk otot melalui fitnes atau latihan beban, lemak di tubuh Anda akan berkurang sedangkan otot-otot tubuh Anda akan lebih terbentuk. Inilah yang membuat tampilan Anda terlihat lebih seksi.

’’Melakukan olahraga rutin akan menyeimbangkan kadar lemak dan otot dalam tubuh, dan menghadiahkan Anda lekuk tubuh ideal,’’ ujar Andri.

4. Kualitas Tidur Lebih Baik

Latihan beban dan fitnes yang dilakukan setiap hari akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Anda akan tidur lebih cepat, lebih pulas, dan bangun lebih awal. Latihan fisik yang rutin dilakukan akan memperbaiki kualitas tidur malam Anda sehingga Anda dapat bangun pada pagi hari dalam kondisi bugar.

’’Daripada sekedar minum kopi atau teh di sore hari, akan lebih baik jika Anda latihan beban dengan dumbbell atau barbell kan? Bisa menambah energi Anda setiap hari loh!,’’ ujarnya.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Tulang 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang jarang melakukan latihan beban cenderung memiliki kadar gula tingi, hipertensi, ukuran pinggang yang besar, dan juga sangat berisiko terkena penyakit kardiovaskuler (jantung dan stroke).

Meskipun detak jantung Anda meningkat saat latihan beban, namun tekanan darah Anda akan menurun secar signifikan setelah latihan beban.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, latihan beban dan fitnes juga bertujuan memperkuat tulang. Sebagaimana yang kita ketahui, wanita berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis dibanding pria. Hal ini disebabkan, pada masa tua dan menopause tubuh wanita tidak lagi memproduksi hormon estrogen.

Para peneliti di McMaster University Kanada menemukan bahwa latihan fisik secara rutin akan meningkatkan massa otot pada tulang belakang hingga 9%. Ini menunjukkan betapa pentingnya melakukan fitnes bagi wanita di usia muda untuk mencegah penuaan dini.

6. Menghilangkan Stres

Fitnes dan latihan beban dikenal sebagai salah satu cara untuk mencegah dan mengelola stres. Mereka yang rutin melakukan latihan beban lebih mampu memngelola dan terhindar dari stres ketimbang mereka yang tidak pernah latihan beban.

Selain itu, rutin melakukan fitnes merupakan latihan daya tahan tubuh. Pada orang dewasa, fitnes dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany
Sumber : Glutera News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES