Ekonomi

Mentan Dorong Indonesia Ekspor Alat Pertanian

Jumat, 06 Januari 2017 - 19:37 | 24.83k
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman mendorong Indonesia bisa mengekspor alat dan mesin pertanian (alsintan), di antaranya melalui sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Sinergi antar BUMN harus dilakukan, tinggalkan ego sektoral, jika ini bisa dilakukan maka tidak perlu membeli perlengkapan alsintan dari negara lain, bahkan kita yang ekspor ke negara lain," tegasnya di Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Mentan juga mengimbau para pengembang dan peneliti agar membagi konsentrasi pembuatan alat dalam berbagai spesifikasi, seperti khusus jagung, padi, kedelai dan lainnya.

Menurutnya, pengembangan alat untuk jagung pascapanen juga harus segera diselesaikan sehingga bisa mendorong percepatan alat lainnya. Apalagi anggaran telah diberikan kepada Balitbang Pertanian sebesar Rp 2 triliun.

Mekanisasi pertanian sendiri telah terbukti bisa mempercepat waktu budidaya tanaman dan menghemat tenaga kerja lebih dari 60 persen. Hasilnya produktivitas lahan pertanian meningkat, sementara biaya tenaga kerja bisa dihemat lebih dari 50 persen.

Pada tahun 2045 dan selanjutnya diyakini menjadi masa transformasi di mana teknologi pertanian yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan dalam negeri bakal berorientasi pada kualitas ekspor alat dan mesin pertanian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES