Kesehatan

Stop Konsumsi Makanan Ini saat Sakit

Sabtu, 07 Januari 2017 - 00:19 | 93.59k
ILUSTRASI. Hindari makanan tertentu saat sakit. (Foto: jennapopewrites.com)
ILUSTRASI. Hindari makanan tertentu saat sakit. (Foto: jennapopewrites.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asupan makanan saat sakit harus benar-benar diperhatikan. Jangan asal makan jika tidak ingin sakit Anda semakin parah. Tidak semua makanan bisa dikonsumsi saat sakit. Justru ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak memperparah penyakit Anda. Berikut 5 makanan dan minuman yang harus dihindari saat sakit, dikutip dari Prevention.

1. Kopi


(Foto: Youtube)

Kafein dalam kopi bersifat diuretik yang akan membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini bisa membuat Anda kehilangan cairan (dehidrasi). Jika Anda sedang mengalami muntah atau diare, kopi menjadi salah satu minuman yang harus Anda hindari.

2. Jus Jeruk


(Foto: fingo9.com)

Jus jeruk sebenarnya minuman sehat dan menyegarkan. Namun, jika Anda sedang mengalami batuk dan sakit tenggorokan, sebaiknya hindari konsumsi jus jeruk. Kandungan asam sitrat yang terdapat dalam jus jeruk bisa mengiritasi lapisan tenggorokan Anda yang sudah meradang. Itu berarti tenggorokan Anda akan lebih sakit dan memakan waktu lebih lama untuk sembuh.

3. Soda


(Foto: healthday.com)

Soda juga harus dihindari saat Anda sakit, terutama saat mengalami diare, perut kembung, atau mulas. Soda mengandung banyak pemanis buatan yang tidak bisa dipecah dan dicerna dengan baik. Hal ini akan memperparah sakit yang Anda derita.

4. Makanan Berlemak


(Foto: gyaane.com)

Makanan berlemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Kondisi ini akan memicu asam lambung dan menyebabkan mual. Makanan berlemak (termasuk gorengan) juga dapat memicu kejang otot di saluran usus Anda, mereka dapat membuat diare lebih buruk.

5. Makanan Pedas


(Foto: newhealthadvisor.com)

Jika Anda sedang mengalami flu atau pilek, makanan pedas menjadi salah satu yang harus Anda hindari. Mengapa? karena makanan pedas mengandung capsaicin, senyawa yang dapat mengiritasi saluran hidung. Makanan pedas hanya akan membuat pilek semakin parah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES