Peristiwa Daerah

Jalan-jalan ke Eropa, Bupati Sumenep Disanksi 6 Bulan Tak dapat Gaji

Kamis, 05 Januari 2017 - 19:50 | 145.39k
Bupati Sumenep bersama isterinya Nurfitriani saat menonton pertandingan sepak bola di London yang diupload ke akun instragram isterinya. (Foto: istimewa).
Bupati Sumenep bersama isterinya Nurfitriani saat menonton pertandingan sepak bola di London yang diupload ke akun instragram isterinya. (Foto: istimewa).

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Bupati Sumenep A Busyro Karim dan isterinya Nurfitriana, tampak sedang jalan-jalan ke Eropa. Hal ini berdasarkan foto yang diunggah oleh Nurfitriana melalui akun instagramnya fitri_busyro. Busyro mengunjungi sejumlah tempat di Inggris seperti stadion Anfield, Oldtrafford dan Standford Bridge. 

Jalan-jalan ini menyebabkan pembahasan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep tahun 2017 telat. Akibatnya, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep serta 50 anggota DPRD Sumenep, haram menerima gaji sampai enam bulan ke depan. 

Hal ini ditegaskan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo Rabu (4/1/2017) kemarin. Menurut Soekarwo, Sumenep dan Bangkalan dijatuhi sanksi oleh Menteri Dalam Negeri karena terlambat membahas APBD 2017. Kendala terlambatnya pembahasan APBD di Sumenep dan Bangkalan karena hubungan antara Bupati dan DPRD tidak harmonis.

Ketua DPRD Sumenep Herman Dali mengatakan, saat penetapan APBD Sumenep tanggal 28 Desember lalu, Bupati Busyro Karim tidak datang karena berada di Eropa. Yang hadir hanya wakilnya, Achmad Fauzi. 

Menurut Herman, upaya pembahasan APBD sudah dilakukan sejak awal. Tapi memang ada persoalan antara DPRD dengan eksekutif yang sulit untuk diuraikan. 

Anggota DPRD Sumenep tidak mempersoalkan  dengan sanksi yang dijatuhkan Mendagri. Bahkan meskipun tidak digaji, DPRD Sumenep tetap akan masuk kerja seperti biasanya.

"Tidak digaji bukan persoalan bagi kami. Kami tetap ingin bekerja. Dan silahkan nilai siapa yang pro DPRD dengan pemerintah (Bupati)," ungkapnya melaui ponselnya, Kamis (5/1/2017). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES