Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,307 • USD → IDR Beli: 13,321
  • EUR → IDR Jual: 15,495 • EUR → IDR Beli: 15,515
  • HKD → IDR Jual: 1,704 • HKD → IDR Beli: 1,706
  • JPY → IDR Jual: 119 • JPY → IDR Beli: 119
  • AUD → IDR Jual: 10,531 • AUD → IDR Beli: 10,548
  • SGD → IDR Jual: 9,754 • SGD → IDR Beli: 9,772
  • Emas Jual → 550,000 • Emas Beli → 528,000
  • Perak Jual → 10,300
  • Update Tanggal 22-07-2017

Awas! Jangan Banyak Tidur

Home / Kesehatan / Awas! Jangan Banyak Tidur
Awas! Jangan Banyak Tidur ILUSTRASI - terlalu banyak tidur tidak baik untuk tubuh (Foto: Amazing Oasis)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masih banyak orang yang menganggap sepele tidur malam. Tidur, ya tidur. Titik. Ada yang durasinya terlalu singkat, ada pula yang terlalu panjang. Nah, kira-kira apa ya dampak tidur terlalu lama bagi tubuh kita? Berikut selengkapnya, Kamis (5/1/2017).

1. Obesitas
Baik kurang maupun kebanyakan tidur dapat menimbulkan masalah bagi tubuh kita. Salah satunya obesitas. Menurut sebuah studi, orang-orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam tiap malamnya, 21 persen lebih mungkin untuk terkena  obesitas. Tentunya bila dibandingkan dengan mereka yang tidur antara tujuh hingga delapan jam.

2. Sulit Hamil
Bagi Anda yang ingin segera memiliki anak, ada baiknya untuk tidak tidur terlalu lama tiap harinya. Sebab menurut peneliti, tidur terlalu lama dapat menurunkan peluang kehamilan. Dalam penelitian yang melibatkan 650 wanita yang menjalani fertilisasi in vitro, peneliti menemukan tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan.

3. Merusak Jantung
Tak hanya rokok atau kurang berolahraga saja yang menyebabkan masalah bagi jantung. Tidur terlalu lama pun demikian. Ternyata tidur lebih dari delapan jam sehari dapat meningkatkan risiko masalah jantung. Menurut peneliti yang menganalisis data lebih dari 3.000 orang, tidur pajang dapat meningkatkan risiko terserang angina sebanyak dua kali lipat. Sedangkan risiko terserang penyakit arteri koroner sebesar 1,1 kali.

4. Merusak Fungsi Otak
Sebuah studi menemukan bahwa lansia yang tidur lebih dari sembilan jam sehari, memiliki fungsi otak yang semakin memburuk. Bahkan, perubahan otak mereka setara dengan penuaan dua tahun. Namun, Hasil terendah pada wanita yang tidur selama sembilan hingga sebelas jam.

5. Berisiko Diabetes
Selidik punya selidik, pemicu diabetes tak hanya menyoal gula saja loh. Ternyata orang yang tidur lebih dari delapan jam sehari memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terjangkit diabetes tipe 2 selama periode enam tahun.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com