Kesehatan

Awas! Jangan Banyak Tidur

Kamis, 05 Januari 2017 - 02:24 | 65.60k
ILUSTRASI - terlalu banyak tidur tidak baik untuk tubuh (Foto: Amazing Oasis)
ILUSTRASI - terlalu banyak tidur tidak baik untuk tubuh (Foto: Amazing Oasis)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masih banyak orang yang menganggap sepele tidur malam. Tidur, ya tidur. Titik. Ada yang durasinya terlalu singkat, ada pula yang terlalu panjang. Nah, kira-kira apa ya dampak tidur terlalu lama bagi tubuh kita? Berikut selengkapnya, Kamis (5/1/2017).

1. Obesitas
Baik kurang maupun kebanyakan tidur dapat menimbulkan masalah bagi tubuh kita. Salah satunya obesitas. Menurut sebuah studi, orang-orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam tiap malamnya, 21 persen lebih mungkin untuk terkena  obesitas. Tentunya bila dibandingkan dengan mereka yang tidur antara tujuh hingga delapan jam.

2. Sulit Hamil
Bagi Anda yang ingin segera memiliki anak, ada baiknya untuk tidak tidur terlalu lama tiap harinya. Sebab menurut peneliti, tidur terlalu lama dapat menurunkan peluang kehamilan. Dalam penelitian yang melibatkan 650 wanita yang menjalani fertilisasi in vitro, peneliti menemukan tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan.

3. Merusak Jantung
Tak hanya rokok atau kurang berolahraga saja yang menyebabkan masalah bagi jantung. Tidur terlalu lama pun demikian. Ternyata tidur lebih dari delapan jam sehari dapat meningkatkan risiko masalah jantung. Menurut peneliti yang menganalisis data lebih dari 3.000 orang, tidur pajang dapat meningkatkan risiko terserang angina sebanyak dua kali lipat. Sedangkan risiko terserang penyakit arteri koroner sebesar 1,1 kali.

4. Merusak Fungsi Otak
Sebuah studi menemukan bahwa lansia yang tidur lebih dari sembilan jam sehari, memiliki fungsi otak yang semakin memburuk. Bahkan, perubahan otak mereka setara dengan penuaan dua tahun. Namun, Hasil terendah pada wanita yang tidur selama sembilan hingga sebelas jam.

5. Berisiko Diabetes
Selidik punya selidik, pemicu diabetes tak hanya menyoal gula saja loh. Ternyata orang yang tidur lebih dari delapan jam sehari memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terjangkit diabetes tipe 2 selama periode enam tahun.

6. Menjadi Pemicu Sakit Punggung Kronis
Jika Anda sering mendapati sakit punggung akibat berbagai macam aktivitas yang dilakukan, maka Anda juga perlu mengetahui bahwa tidur sekalipun bisa menyebabkan punggung terasa sakit. Pada saat tidur, tubuh akan bertumpu pada bagian punggung sehingga, struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan tubuh. Juga karena pada saat tidur kita kurang bergerak, hal ini juga dapat menyebabkan sakit pada punggung.

7. Menurunnya Keinginan untuk Bersosialisasi
Semakin banyak tidur, maka waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan juga akan berkurang. Secara tidak langsung akan mengurangi minat Anda untuk berbaur dengan lingkungan sekitar.

8. Badmood
Terlalu banyak tidur bukan membuat Anda menjadi lebih tenang bahkan yang terjadi adalah sebaliknya. Anda bisa menjadi stress serta mudah emosi bahkan untuk hal-hal sepele.

9. Risiko Depresi
Kekurangan maupun kelebihan tidur berisiko menyebabkan gangguan pada mental seseorang salah satunya adalah depresi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur 7-9 jam setiap malam mempunyai risiko terkena depresi sebanyak 27%, sedangkan tidur lebih dari 9 jam berisiko lebih banyak yakni 49%. Hal ini menunjukkan bahwa orang depresi cenderung memiliki waktu tidur yang lebih banyak.

10. Risiko Kematian
Terdengar mengerikan tapi memang itulah yang terjadi. Sebuah penelitian menemukan orang yang tidur di atas batas normal berisiko mati muda. Selain berhubungan dengan kesehatan, risiko kematian juga ada kaitannya dengan depresi dan status sosial ekonomi yang menyebabkan tidur terlalu lama berisiko terhadap kematian mendadak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES