Rabu, 21 November 2018
Wisata

Waduk Klabang Agung, Destinasi Wisata 'Baru' Bondowoso

Waduk Klabang Agung, Destinasi Wisata 'Baru' Bondowoso Bupati Bondowoso Amin Said Husni saat bersepeda di Waduk Klabang Agung Desa Klabang Agung, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jumat (30/12/2016) (Foto: Syamsul Tahar/ TIMES Indonesia)
Jum'at, 30 Desember 2016 - 17:18

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Namanya Waduk Klabang Agung. Berada di Desa Klabang Agung, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sesuai namanya, Waduk Klabang Agung mampu menampung air dengan luas tampungan 13.323 kubik dari aliran DAM Gubri yang melayani 633 hektar lahan untuk keperluan irigasi. 

Tak dapat dipungkiri, potret Waduk Klabang Agung dengan fungsi vitalnya, merupakan 'nilai lebih' yang bisa menjadi daya tarik wisata.  Hal ini yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bondowoso didukung berbagai pihak. Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni meresmikan Wadung Klabang Agung sebagai destinasi wisata baru di daerah berjuluk Republik Kopi ini.

Waduk-Klabang-Agung-2LGCTq.jpg

Bersama Ketua DPRD Bondowoso H Achmad Dhafir, Bupati Amin Said 'meneguhkan' keberadaan wisata Waduk Klabang Agung dengan serangkaian kegiatan. Bersepeda, menabur benih ikan dan menanam pohon menjadi bagian dari kegiatan di objek wisata waduk ini.

Menikmati pemandangan waduk sambil bersepeda air menjadi keasyikan tersendiri. Dinas Pengairan Bondowoso menyerahkan  4 unit sepeda air agar pengunjung bisa berkeliling di atas air waduk yang tak pernah kering ini. Bupati Amin Said menyempatkan untuk mengayuh sepeda air, membuktikan asyiknya bersepeda dikelilingi panorama Waduk Klabang Agung.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pengairan Bondowoso, H Karna Suswandi berharap, destinasi wisata ini memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar.

"Masyarakat yang tinggal di sekitar waduk bisa berjualan di sekitar area waduk untuk pelayani para wisatawan yang datang, dengan begitu taraf kehidupan masyarakat disekitar waduk bisa bertambah," ujar Karna Suswandi, Jumat (30/12/2016) di sela-sela kegiatan Gemapildasi (Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan Daerah Aliran Sungai dan Irigasi) di Waduk Klabang Agung.

Pada kegiatan Gemapildasi ini, Karna menyampaikan harapannya bagi Dinas Pengairan yang kini dipimpinnya. "Ke depan, Dinas Pengairan bisa menjadi dinas penghasil untuk PAD untuk Kabupaten Bondowoso dengan adanya destinasi wisata di Waduk Klabang ini. Nantinya akan dilakukan penyempurnaan waduk agar nantinya Waduk Klabang ini bisa lebih sempurna," katanya. 

Selain Bupati dan Ketua DPRD Bondowoso, kegiatan Gemapildasi yang juga meneguhkan keberadaan Waduk Klabang ini, diikuti Sekda Bondowoso, para Kepala SKPD dan Forkopimda Bondowoso. Mereka bersama-sama melakukan penanaman pohon di sekitar waduk dan menebar benih ikan. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration