Otomotif

Hindari Kebiasaan Buruk ini saat Mengendara Mobil

Kamis, 29 Desember 2016 - 06:35 | 33.05k
ILUSTRASI: Belajar Mengemudi. (Grafis: artikeldatabase)
ILUSTRASI: Belajar Mengemudi. (Grafis: artikeldatabase)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wanita memiliki beberapa kelemahan saat mengendara. Menurut pengamatan Alinka Har-dianti, seorang wanita peslalom nasional, perbedaan yang paling mencolok antara pengemudi wanita dan pria adalah, sikap wanita saat berkendara.

“Perempuan biasanya suka lebih cepat panik kalau ada apa-apa di jalan, sedangkan pria biasanya lebih kalem,” ujar Alinka. 

Dampak dari kepanikan tersebut bisa saja reaksi yang dikeluarkan sangat berbahaya seperti salah menginjak pedal. “Yang seharusnya injak rem, tapi karena panik yang diinjak pedal gas. Ini bahaya," tambah putri sulung peslalom nasional Didi Hardianto. 

Menurutnya, wanita memang perlu belajar lebih tenang saat mengemudi. “Dan mereka yang mendampinginya juga harus membuat suasana lebih baik, jangan membuat sang pengemudi wanita menjadi lebih panik,” tambahnya.

Selain itu, ada beberapa kebiasa-an wanita yang kerap dilakukan saat mengemudi dan bisa menjadi hal yang membahayakan, antara lain:

1. Aksesori interior yang berlebihan
Memang lucu mendandani interior mobil dengan pernak-pernik. Tapi diperlukan batasan, karena saat terlalu berlebihan, aksesoris justru dapat mengganggu konsentrasi mengemudi, akibat terjatuh ­misal­nya.

2. Letakkan Barang Di Tempat yang Aman
Bawaan wanita cenderung lebih banyak, dan kerap diletakkan dimana saja. Untuk itu, perhatikan lokasi penyimpanannya. Penyimpanan yang sembarangan akan mengganggu konsentrasi mengemudi, karena terjatuh saat melakukan pengereman atau berakselerasi.

3. Sepatu hak, sandal, dan tanpa alas kaki
Saat mengemudi, hindari pemakai­an sepatu hak/sandal karena selain tidak nyaman juga berbahaya saat menginjak pedal (licin atau terselip). Begitu juga mengemudi tanpa alas kaki. Pedal telah dirancang dengan bahan yang bisa diinjak oleh alas kaki. Jika tanpa alas kaki, injakan bisa kurang maksimal.

4. Menggunakan telepon genggam
Hindari penggunaan telepon geng-gam, termasuk SMS/chatting kare-na dapat mengganggu konsentrasi.

5. Dandan
Ini adalah kebiasaan spesifik yang kerap ditemui pada pengen-dara wanita. Hindari dandan ketika sedang mengemudi, karena konsentrasi mengemudi akan terpecah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES