Peristiwa Daerah

Amankan Natal dan Tahun Baru, Ratusan Personel Disiagakan

Kamis, 22 Desember 2016 - 11:17 | 33.66k
Bupati Lamongan Fadeli, didampingi Wakil Bupati Kartika Hidayati, dan Forkopimda melakukan pengecekan kesiapan personel dalam Apel Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru, di Alun-alun Lamongan, Kamis (22/12/2016). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli, didampingi Wakil Bupati Kartika Hidayati, dan Forkopimda melakukan pengecekan kesiapan personel dalam Apel Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru, di Alun-alun Lamongan, Kamis (22/12/2016). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – 500 personel gabungan disiagakan dalam Operasi Lilin Semeru, untuk menjamin situasi keamanan tetap kondusif selama perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. 

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung Bupati Lamongan Fadeli, diawali dengan mengecek kesiapan personel yang akan melakukan pengamanan di seluruh wilayah Kabupaten Lamongan pada Natal dan Tahun Baru.

"Apel ini pengecekan akhir operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru. Untuk melihat kesiapan aspek personil, sarana dan prasarana. Operasi Lilin ini selama 10 hari dari 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017," kata Fadeli membacakan amanat Kapolri Tito Karnavian,  Alun-alun Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (22/12/2016). 

Pengamanan yang tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian melainkan juga melibatkan TNI, masyarakat sipil, merupakan bentuk kewaspadaan hingga puncaknya, supaya masyarakat yang merayakaan Natal dan Tahun Baru dapat menjalaninya dengan aman dan lancar. 

"Menjadi tugas pihak-pihak terkait untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Tingkatkan kewaspadaa diri dalam tugas," ucapnya melanjutkan. 

Menurutnya, menjelang  pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru, memungkinkan terjadinya kerawanan karena memang lalu lintas orang dan barang juga meningkat baik di jalan raya.

"Perayaan jadi momen berlibur, terjadi mobilisasi massa, dan berkumpulnya masyarakat di titik tertentu. Peningkatan harus diantisipasi dengan baik. Saya berharap operasi lilin bisa berjalan baik, sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik," tuturnya. 

Sementara itu, Kapolres Lamongan, AKBP Juda Nusa Putra, merinci jumlah personil keamanan dalam Operasi Lilin Semeru 2016-2017. "Pengamanan Operasi Lilin Semeru 2016-2017 ini ada 300 personil dari Kepolisian dibantu TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Setkom, total ada 500 personil," katanya. 

Juda Nusa melanjutkan, menjelang dan sesudah Natal dan Tahun Baru sejumlah gereja di wilayah Lamongan juga telah diberi pengamanan. "Gereja yang diamankan ada 14, sebelum awal Desember sudah kita lakukan pengamanan di gereja-gereja," ujarnya. 

Meski selama perayaan Natal dan Tahun Baru pihaknya memang meningkatkan skala pengamanan di wilayah Lamongan. "Saya yakin Lamongan akan aman, berkat kerjasama kita semua," ucapnya mengakhiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES