Peristiwa Daerah

Badai Yvette Munculkan Hujan dan Angin Kencang di Jawa hingga NTT

Kamis, 22 Desember 2016 - 09:05 | 95.60k
Banjir Bandang di Bima. (Foto: pojok satu)
Banjir Bandang di Bima. (Foto: pojok satu)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat lebih waspada terkait kondisi cuaca dalam satu pekan ke depan. Kehadiran siklon tropis Yvette yang kini muncul di Samudera Hindia akan memunculkan hujan deras, angin kencang dan petir serta gelombang laut tinggi.

"Siklon Yvette berdampak terhadap cuaca Indonesia. Siklon ini bisa berdampak terjadinya angin kencang, gelombang laut tinggi, dan hujan lebat. Potensi dampak itu diperkirakan hingga 24 Desember," kata Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya Eko Prasetyo, Kamis (22/12/2016).

Menurut Eko, dampak siklon tropis Yvette sudah terasa di sejumlah wilayah Jawa Timur bagian timur dan selatan, Bali, NTB dan NTT, yakni berupa hujan deras dan angin kencang.

Selain itu, gelombang Laut Jawa, utamanya bagian tengah dan timur bisa mencapai 2,5 - 4 meter, sedangkan di Samudera Hindia, khususnya di selatan Bali hingga NTT,  jauh lebih tinggi lebih dari 4 meter.

Oleh karena itu, para nelayan dan usaha pelayaran harus mewaspadai tingginya gelombang di sejumlah perairan  tersebut agar tidak menimbulkan musibah.   

"Apalagi, fenomena tersebut dibarengi dengan angin kencang, tidak hanya di perairan tapi juga di daratan. Jadi, masyarakat harus lebih waspada agar fenomena alam ini tidak sampai menimbulkan dampak merugikan," kata Eko.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES