Kesehatan

Ladies, Waspadai Tanda Kanker Payudara Ini

Selasa, 20 Desember 2016 - 04:21 | 40.13k
ILUSTRASI. Screening untuk mendeteksi kanker payudara. (Foto: express.co.uk)
ILUSTRASI. Screening untuk mendeteksi kanker payudara. (Foto: express.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak wanita yang didiagnosis terkena kanker payudara memiliki pengalaman yang sama. Mereka merasakan adanya benjolan yang tidak ada sebelumnya, kemudian menjadi kanker. Tapi benjolan bukan satu-satunya gejala dari kanker payudara. Ini mengapa wanita diminta untuk selalu mewaspadai gejala kanker yang lain.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, Research National Cancer Institute yang berbasis di Inggris menunjukkan satu dari enam wanita yang didiagnosis kanker payudara melaporkan gejala selain benjolan. Berikut 3 tanda kanker payudara yang harus diwaspadai selain adanya benjolan, dilansir dari Women's Health, Senin (19/12/2016).

1. Kulit Berkerut atau Bersisik
Ahli bedah payudara dari Aurora Health Care di Milwaukew, Joseph Weber, mengatakan kondisi kulit payudara yang berbeda dari biasa, seperti cenderung berkerut atau bersisik bisa menjadi tanda-tanda awal terkena kanker payudara. Kondisi ini membuat perubahan kulit terlihat seperti kulit jeruk.

2. Pembengkakan
Pembengkakan payudara bisa menjadi salah satu tanda terkena kanker payudara. Pembengkakan ini kadang tidak disadari oleh para wanita. Dalam penelitian terbaru, 6 persen wanita didiagnosis kanker payudara dengan keluhan awal pembengkakan.

3. Perubahan Puting
Joseph Weber mengatakan, dalam penelitian terbaru sebanyak 7 persen wanita didiagnosis kanker payudara dengan keluhan awal kelainan atau perubahan puting. Kondisi puting yang tiba-tiba berubah, seperti masuk ke dalam dan disertai gejala aneh lainnya bisa menjadi salah satu tanda awal terkena kanker. Namun untuk memastikannya, sebaiknya para wanita melakukan konsultasi dengan dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES