Gayeng With YM

Sedekah Profesi

Selasa, 25 Oktober 2016 - 10:48 | 124.55k
ILUSTRASI: Sedekah
ILUSTRASI: Sedekah

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sedekah profesi ? Apa itu ? Kalau zakat profesi sudah tak asing di telinga kita. Bahkan, sebagian besar umat Muslim pun sudah menjalankannya. Lah, bagaimana dengan sedekah profesi. Kemungkinan baru mendengarnya pertama kali ini. Tapi, InsyaAllah akan menarik teman-teman, saudara-saudara semua.

Sedekah profesi ini adalah sedekah dari penghasilan profesi kita. Alhamdulillah, tak terbatas beberapa profesi saja, melainkan seluruh profesi. Baik, dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, seni, ekonomi, hingga hukum. Berbeda dengan zakat profesi, sedekah ini tak ada ketentuan besarnya.

Bisa 1%, 10%, atau 20% hingga 100%. Bahkan, bisa dilakukan tanpa perhitungan persentase. Tak ada pula batas waktunya, kapan dan di mana pun bisa dilakukan. Dari setiap hari, setiap pekan, atau pun setiap bulan dari penghasilan kita.

Contohnya, saya berkomitmen menyedekahkan hasil profesi saya setiap Jumat, atau di hari dan waktu lain yang diinginkan. Kalau ingin dirutinkan juga bisa, sesuai dengan kemauan dan kemampuan.

Bagaimana dengan guru atau dosen? Ya, tentu bisa, karena waktu dan jumlah yang disedekahkan pun sesuaikan sendiri. Tidak ditetapkan ataupun dipaksakan. Contoh lainnya, pemilik maupun yang bekerja di SPBU, tetap bisa bersedekah profesi dengan hasil penjualan atau bahan bakarnya.

InsyaAllah, apa pun yang bisa bermanfaat untuk orang lain dengan baik, bisa disedekahkan. Kemudian, sedekahnya untuk apa? Nah, InsyaAllah, seluruh hasil sedekah untuk pembibitan penghafal Alqur’an di Indonesia. Subhanallah, berapa pun bagian dari profesi anda, telah mengalir untuk melahirkan para generasi Alqur’an masa depan.

Bisa juga untuk program sedekah produktif. Sedekah yang tidak diambil untuk konsumsi semata. Tapi, untuk program produktif yang dapat dimanfaatkan untuk lahan-lahan produktif. Seperti, sawah, kebun, peternakan, perikanan dan lainnya. Kemudian hasilnya akan disalurkan ke pesantren dan santri-santri Rumah Tahfizh.

Alhamdulillah, program sedekah produktif kita sudah tersebar di beberapa daerah. Seperti, pertanian organic di Sukabumi,budidaua jamur tiram di Cianjur dan kebun sawit di Jambi. InsyaAllah, dalam waktu dekat ini kami targetkan untuk pendirian pesantren agro, peternakan dan pesantren lainnya di Panimbang, Pandeglang, Banten. Bismillah ….

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES