Otomotif

Danau Jadi Landscape Sirkuit MotoGP Palembang

Senin, 05 Desember 2016 - 09:32 | 97.16k
Plan Sirkuit MotoGP Jakabaring Palembang (Foto : Istimewa)
Plan Sirkuit MotoGP Jakabaring Palembang (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Pembangunan sirkuit  MotoGP Jakabaring terus dimatangkan oleh Pemprov Sumatera Selatan agar dapat rampung ditahun 2018. Sirkuit ini dalam perencanaan Pemprov Sumatera Selatan dibangun area lahan 120 hektar di Jakabaring.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Pemprov Sumsel Basyaruddin, mengatakan sirkuit Moto GP Jakabaring ini bakal menampung sekitar 130 ribu penonton.

Terlihat dari desain sirkuit yang cukup keren dengan pemandangan danau, yang biasa digunakan untuk even Ski Air di Jakabaring, Palembang.

Diketahui, lahan yang terletak di dekat danau Ski Air JSC ini sebelumnya akan dijadikan lapangan golf. Namun rencana tersebut batal karena tanahnya terlalu lembek sehingga tidak cocok untuk dijadikan lapangan golf. 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa menjelaskan, kalau karakter sirkuit yang akan dibangun adalah high speed. Di mana rata-rata kecepatan kendaraan yang akan melaju di angka 171 km/j.

“Setelah desain jadi dan dimasukkan ke hitung-hitungan algoritma Tilke (pembuat desain sirkuit Jakabaring), kecepatannya mencapai 171 km/j, bahkan bisa lebih cepat lagi dari itu. Sementara untuk top speed-nya di angka 305 km/j,” ujar Sadikin.

Sadikin melanjutkan, kalau ini nantinya bakal jadi salah satu dari tiga sirkuit berkarakter “high speed” di dunia. Panjang trek sirkuit Palembang ini 4.314 meter, dengan 14  tikungan, lalu trek lurus terpanjang 750 meter, serta trek start/finish sepanjang 540 meter.

Sementara, beberapa waktu lalu Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan Sirkuit MotoGP Jakabaring menelan dana investasi sebesar 36 juta Euro atau sekitar Rp 600 miliar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES