Kamis, 22 November 2018
Kuliner

Resep Es Krim Oma Oen yang Legendaris

Resep Es Krim Oma Oen yang Legendaris Es krim Toko Oen (Foto: anekawisata)
Minggu, 04 Desember 2016 - 03:23

TIMESINDONESIA, MALANG – Tak lengkap rasanya berkunjung ke kota Malang jika belum mampir ke Toko Oen yang terkenal dengan menu es krim legendarisnya. Toko Oen Malang yang terletak di Jl. Basuki Rachmad 5 atau yang biasa disebut dengan kawasan Kayutangan ini didirikan sejak tahun 1930 an silam.

Pendirinya merupakan seorang perempuan keturunan Tionghoa bernama Oma Oen. Oma Oen memulai usahanya sejak tahun 1910 dengan mendirikan Toko Oen di Yogyakarta. 

Oma Oen berhasil mendirikan Toko Oen di empat kota yaitu Yogyakarta, Jakarta, Malang, dan Semarang. Namun sayangnya kini keturunan Oma Oen hanya mempertahankan cabang toko di Semarang sedangkan di Malang telah berpindah ke pemilik yang baru sejak tahun 1990.

Meski begitu, pemilik yang baru tetap mempertahankan gaya toko Oen mulai dari bangunan, desain interior, hingga menu yang disajikan.

Pada awalnya Toko Oen hanya menjual kue kering saja namun pada tahun 1922 Oma Oen menambah es krim sebagai salah satu menu dan hingga kini banyak menu masakan yang tersedia di Toko Oen. 

Es krim Oen beda dengan es krim lainnya. Rasanya lebih lembut dan ringan, sehingga tidak terasa eneg.  Varian favorit es krim di toko oen adalah Chocolate Parfait, Corn Ice Cream, Oen’s Special, dan  tropicana cream. 

Ada pula cake seperti blackforest dan rainbow cake yang dibanderol Rp 25.000,- tiap slice serta kue kering seperti kastengels dan nastar. Dengan suasana yang nyaman dan berbagai makanan legendaris yang tersedia membuat pengunjung betah dan tak segan datang kembali kesini. (*)

Jurnalis : Dhina Chahyanti
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Registration