Peristiwa Daerah

15 Pilot Skadron 21 Raih Brevet Advance Super Tucano

Rabu, 30 November 2016 - 19:56 | 57.76k
Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI RM Djoko Senoputro menyematkan brevet Advance Flight Training, Selasa (29/11/2016) di Skadron 21 Lanud Abd Saleh Malang. (Foto: Istimewa)
Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI RM Djoko Senoputro menyematkan brevet Advance Flight Training, Selasa (29/11/2016) di Skadron 21 Lanud Abd Saleh Malang. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 15 pilot dari Skadron 21 Wing Udara 2 Pangkalan Udara Abdurachman Saleh (Lanud Abd Saleh) Malang berhasil mendapatkan brevet advance flight training dari Embraer Brasil, produsen pesawat EMB 314 Super Tucano.

Brevet tersebut menandai kemahiran 15 pilot dalam mengawaki pesawat EMB 314 Super Tucano, sekaligus menjadi keberhasilan dari para penerbang tempur Skadron 21.

"Dengan disematkannya brevet ini para penerbang sudah dianggap mahir dalam mengawaki pesawat produksi Embrayer Brasil ini," ujar Mayor Sus Hamdi Londong, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Pentak) Lanud Abd Saleh melalui keterangan tertulis, Selasa (29/11/2016).

Dia menjelaskan, pemberian brevet kepada para pilot Skadron 21 ini karena telah mencapai 40 jam terbang bersama instruktur dari Embraer Brasil.

Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI RM Djoko Senoputro berharap, pemberian brevet tersebut menambah motivasi dan semangat untuk memberikan terbaik kepada TNI AU dan bangsa Indonesia.

Indonesia telah memiliki 15 pesawat EMB 314 Super Tucano yang kesemuanya berada di Lanud Abd Saleh Malang, Jawa Timur.

EMB 314 Super Tucano merupakan pesawat tempur serang darat yang disempurnakan dari pesawat latih EMB-312 Tucano. Pesawat ini mempunyai fitur yang lebih canggih dari EMB-312 Tucano dan diupgrade dengan kecepatan yang lebih cepat dan ketinggian terbang yang lebih tinggi. 

Sebelumnya, pesawat EMB-312 Tucano sendiri telah beroperasi di 17 angkatan udara se-dunia. Prototipe dari Super Tucano terbang pertama kali pada tahun 1992. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES