Otomotif

Mobil Tikus Mahasiswa Unej Juara Kompetisi Mobil Listrik

Selasa, 29 November 2016 - 23:19 | 55.07k
Mobil
Mobil "Tikus Teknik" (Titen) karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) (Foto: Antara)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Mobil "Tikus  Teknik" (Titen) karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) meraih juara dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia ke-8 yang diselenggarakan oleh Politeknik Bandung pada 18-20 November 2016. Mobil Titen berhasil mengalahkan 22 tim peserta yang berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam lomba ini, Tim NG2 Titen menjadi juara 1 dalam kategori uji efisiensi dan Tim Titen GX8 menjadi juara 2 kategori uji efisiensi dan Juara 3 kategori slalom.

Dalam kompetisi tersebut, terdapat enam kategori yang dilombakan yakni uji percepatan, uji pengereman, uji tanjakan, uji efisiensi, uji kecepatan, dan uji slalom.

Manajer Tim NG2 Titen M. Zainul mengatakan persiapan mobil listrik untuk lomba tersebut telah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu.

"Persiapannya meliputi 'upgrade' mobil listrik, uji daya mobil listrik, uji pengereman dan riset lain yang disesuaikan dengan kategori yang dilombakan," tuturnya.

Zainul mengatakan, perjalanan menuju juara tidaklah mulus. Tim bahkan sempat dibuat pusing karena mobil listrik NG2 Titen sempat macet sehingga tidak dapat mengikuti uji kualifikasi mobil yang dilakukan sehari sebelum lomba dilaksanakan.

"Kami berinisiatif untuk menggunakan mobil cadangan yang ada dan mempersiapkan mobil cadangan tersebut sebaik mungkin untuk lomba keesokan harinya," katanya.

Meskipun berangkat dengan mobil cadangan yang disiapkan hanya dalam waktu semalam, NG2 Titen tampil prima dan berhasil meraih Juara 1 dalam kategori uji efisiensi.

"Kondisi mobil listrik ini hanya rem depan saja yang berfungsi, dan rem belakang mati. Tapi berkat kekompakan seluruh anggota tim, tidak disangka mobil garapan NG2 Titen justru menyabet Juara 1 untuk kategori efisiensi," kata mekanik tim NG2 Titen Winagil Catur.

Bahkan juri juga memuji mobil listrik Tim NG2 Titen dan team GX8 Titen seusai presentasi yang dilakukan mahasiswa Unej. Mobil listrik NG2-Titen memiliki berat 136,5 kilogram dan mobil listrik Titen GX8 memiliki berat 147,5 kilogram.

"Kemenangan ini membuat Titen semakin bersemangat untuk dapat mengembangkan dan menghasilkan karya inovasi baik di kancah nasional maupun internasional ke depannya," ujarnya, menambahkan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES