Otomotif

Tempuh 1500 Kilometer, Gesits Jadi Milestone Motor Nasional

Sabtu, 12 November 2016 - 14:52 | 158.39k
Motor Listrik Gesits. (Foto: JPNN)
Motor Listrik Gesits. (Foto: JPNN)

TIMESINDONESIA, BALI – Wajah lega menyelimuti seluruh tim sepeda motor Gesits saat menyelesaikan uji ketahanan berkendara selama lima hari dari Jakarta menuju Bali. Jarak 1500 kilo meter dari Jakarta menuju Bali berhasil dilalui tanpa kendala berarti.

Tim yang terdiri dari lima pengendara dan tim pendukung tiba di Bali, Jumat (11/11/2016) pukul 17.00 WITA.

"Uji coba prototipe motor listrik Gesits aman, tidak ada kendala yang berarti selama perjalanan," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir usai menyambut Gesits di Kantor DPRD Bali, Denpasar, Sabtu (12/11/2016).

Nasir berharap, sepeda motor ini bisa diproduksi massal pada 2018 mendatang, dan diupayakan izin produksinya sudah turun tahun 2017 nanti,

Gesits yang rencananya dijual dengan harga sekitar Rp 15 juta adalah sepeda motor dengan sumber energi listrik hasil riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan PT Garansindo Surabaya.

Milestone-Motor-NasionalueHUp.jpg

Dalam uji jalan dan uji ketahanan ini, Gesits dikendarai oleh tiga mahasiswa ITS yaitu Yoga Uta Nugraha, Grangsang Sotia Ramadani, dan Filipi Cahya.

Kecepatan Gesits bisa mencapai 100 kilometer per jam, tetapi dalam uji coba tersebut kecepatan dijaga rata-rata 60 kilometer per jam.

Baterai ion litium (li-ion) Gesits ada dua tipe, yaitu 6 kwh dengan maksimal kecepatan hingga lebih dari 100 kilometer per jam dan 3 kwh dengan kecepatan 60-70 kilometer per jam. Kecepatan yang dihasilkan Gesits setara dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

"Kami 12 kali ganti baterai selama perjalanan. Ketika hujan juga aman, tidak ada kendala elektrifikasi," kata Yoga.

Dia mengatakan kendala yang dihadapi selama perjalanan adalah mesin motor yang temperaturnya menjadi setinggi 90 derajat Celsius yang membuat mesin langsung mati.

Kendala overheating mesin tersebut diatasi dengan memberikan aliran udara ke mesin, dan upaya tersebut efektif menurunkan temperatur menjadi 50-60 derajat Celcius.

Sementara itu, CEO Garansindo Group Muhammad AI Abdullah mengatakan dukungan luar biasa yang diberikan oleh pemerintah membuktikan komitmen pemerintah dalam mengapresiasi hasil karya anak bangsa dan komitmen untuk mengurangi pencemaran polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermesin konvesional selama ini.

"Gesits akan menjadi milestone beberapa fondasi penting suatu bangsa," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES