Peristiwa Daerah Indonesia Darurat HOAX

Ketua DPRD Situbondo: Harus Cerdas Memilih Informasi di Dunia Maya

Rabu, 09 November 2016 - 13:59 | 264.02k
ILUSTRASI: Hoax  (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Hoax (Foto: istimewa)
FOKUS

Indonesia Darurat HOAX

TIMESINDONESIA, MALANG – Ditengah banjir informasi, tak sedikit informasi yang banyak beredar di dunia maya mulai informasi positif dan negatif. Terutama informasi yang ada di media sosial (medsos). Karenanya, masyarakat harus cerdas memilih informasi.

Melihat kondisi tersebut, dosen Institut Agama Islam Nurul Jadid (IAI NJ), Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Bashori Sonhaji, menilai bahwa apa yang berkembang di dunia maya adalah tantangan komunikasi kedepan.

"Semua pihak harus bijak dalam mengonsumsi informasi di dunia maya. Saat ini, banyak pihak yang tanpa akal sehat dan rasionalitas dalam memilih dan memilah informasi," jelas dosen yang juga menjabat Ketua DPRD Situbondo.

Informasi yang ada di media sosial jelas Bashori, banyak diunggah oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. "Tak sedikit pengguna medsos hanya menjadi obyek permainan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," jelas politisi PKB itu.

Lebih lanjut dia menjabarkan, bahwa di era teknologi modern saat ini, masyarakat telah diresahkan dengan aneka berita palsu atau yang akrab dikenal dengan hoax. 

"Banyak sebuah pemberitaan yang hoax. Hal itu hanya untuk menipu pembaca atau pengguna medsos. Padahal berita itu adalah bohong," ungkapnya.

Kasus pemberitaan bohong yang paling umum kata Bashori, adalah suatu pemberitaan kejadian buruk yang sebenarnya tidak terjadi. "Berita hoax kini dengan mudah menyebar dan cepat diterima masyarakat," ujarnya.

Akses untuk menyebarkan informasi, kini sudah sangat mudah. Namun kemudahan akses itu kerap disalahgunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Penyebaran berita bohong atau palsu itu kadang untuk kepentingan pribadi atau tujuan tertentu tanpa memikirkan kerugian pihak lain. informasi hoax itu bisa menimbulkan merubah mindset seseorang. Oleh karena itu tambah Bashori, regulasi UU ITE harus ditaati semua pengguna medsos," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES