Wisata

Uber Target Wisman, Kemenpar Rangkul Tiga BUMN

Sabtu, 05 November 2016 - 18:02 | 26.20k
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: setkab)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demi meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia, juga wisatawan nusantara (wisnus), Kementerian Pariwisata mengikat kerja sama dengan tiga BUMN yakni PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), dan AirNav Indonesia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menegaskan jika keberhasilan pariwisata Indonesia sangat ditentukan oleh ketersediaannya jumlah seat pesawat, apalagi 75 persen kunjungan wisman ke Indonesia menggunakan transportasi udara.

"Kunjungan wisman sangat bergantung pada airlines. Melalui MoU ini sebagai upaya mendorong AP I, AP II, AirNav Indonesia serta arlines untuk meningkatkan kontribusinya dalam pencapaian target kunjungan 20 juta wisman serta pergerakan 275 juta wisnus di Tanah Air pada 2019," ujarnya.

Menurut Menpar, ketersediaan kapasitas penerbangan internasional sebanyak 19,5 juta seat oleh maskapai penerbangan Indonesia dan asing saat ini hanya cukup untuk menenuhi target kunjungan 12 juta wisman pada tahun ini saja.

Sementara untuk memenuhi target kunjungan 15 juta wisman pada 2017, dibutuhkan minimal 4 juta tambahan seat baru. Sedangkan untuk memburu 20 juta wisman pada 2019 sesuai target, harus tersedia 30 juta seat pesawat.

Itu artinya diperlukan tambahan 10,5 juta seat dalam tiga tahun ke depan. Dan untuk memperoleh tambahan seat penerbangan internasional itu, Menpar menyebut perlunya dilakukan upaya bersama dari 3A (Airlines, Airports and Air Navigation, Authorities).

Menpar menegaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan tambahan seat dalam waktu dekat, pihaknya masih mengandalkan bandara Ngurah Rai Bali dan Soekarno-Hatta Cengkareng. Untuk itu, ia meminta kapasitas slot-time di kedua bandara internasional itu bisa dioptimalkan.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan tiga tahun ke depan, Menpar meminta segera dilakukan pembangunan bandara baru, seperti di Kulon Progo, Bali Utara, Jawa Barat maupun Banten. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES