Olahraga

Timnas Sepakbola Ikuti SEA Games 2017? Ini Syarat Kemenpora

Jumat, 28 Oktober 2016 - 17:04 | 38.63k
Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto (Foto: kemenpora)
Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto (Foto: kemenpora)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga memberi syarat agar timnas sepakbola Indonesia bisa diikutkan dalam ajang SEA Games 2017 di Malaysia. Syarat itu adalah meraih setidaknya posisi runner-up di ajang Piala AFF 2016 yang akan digelar November mendatang.

"Semestinya, sepak bola tidak ikut dalam SEA Games 2015 di Singapura. Tapi, itu adalah olahraga populer sehingga harus ikut. Kami tidak menutup pintu bagi sepak bola jika dia mendapatkan posisi kedua dalam Piala AFF," ujar Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Menurut Gatot, Kemenpora takkan menyertakan cabang sepak bola jika sampai kalah dalam penyisihan Piala AFF 2016 yang akan berlangsung 19 November - 17 Desember nanti.

Sementara untuk cabang lain, Gatot menjelaskan jika jumlah atlet dan cabang olahraga yang layak mengikuti SEA Games 2017 masih mungkin untuk berubah hingga akhir 2016.

"Sebagaimana ketentuan yang ditetapkan Satlak Prima, cabang-cabang olahraga harus dipastikan meraih medali dan minimal perak. Pemastian itu diperoleh dari hitungan SEA Games 2015 atau ketika evaluasi performa tinggi dari Satlak Prima," tegasnya.

Selain itu, ketentuan lain adalah cabang olahraga yang akan turun di SEA Games 2017 nanti merupakan cabang potensial untuk meraih prestasi di Asian Games 2018. "Kami tidak akan mengirim lagi  cabang olahraga yang hanya mengikuti SEA Games sebagai penggembira," ujarnya.

Gatot menambahkan jika pembatasan pengiriman jumlah atlet dan cabang olahraga dalam SEA Games 2017 ini dilatarbelakangi pertanggung jawaban Kemenpora terhadap DPR RI terkait prestasi olahraga Indonesia yang menurun pada kejuaraan multi-cabang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES