Gaya Hidup

5 Cara Bahagia bagi Ibu Hamil

Senin, 24 Oktober 2016 - 05:19 | 81.84k
Ilustrasi TIMESIndonesia (Foto: SegiEmpat)
Ilustrasi TIMESIndonesia (Foto: SegiEmpat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ibu hamil seringkali mengalami stres yang disebabkan berbagai hal. Namun, untuk mengatasi itu, ada berbagai cara supaya ibu hamil senantiasa berbahagia.

Lima cara berikut ini dapat membantu ibu hamil senantiasa merasa berbahagia, dilansir dari Huffington Post.

Percaya pada tubuh

Ibu hamil melihat banyak perubahan dalam tubuh. Hal ini bisa membuat ibu lebih rentan sakit dan mudah lelah. Sebaiknya, jangan merasa lemah atau selalu merasa sakit. Percayalah bahwa tubuh bisa menyesuaikan diri, sehingga bisa menyiapkan diri untuk perkembangan janin. Jadi, tak perlu khawatir dengan masalah yang muncul dari dalam tubuh.

Peduli dengan pola makan

Tekanan saat hamil bisa datang dari pola makan. Pola makan yang buruk akan meningkatkan berat badan ibu hamil, sehingga berpotensi menganggu kesehatan. Sebaiknya ibu hamil tetap peduli dengan apa yang dimakan. Ibu hamil perlu memperbanyak konsumsi protein, asam folat dan zat besi untuk tumbuh kembang janin. Perlu makanan berserat tinggi untuk menghindari perut kembung dan sembelit.

Hati-hati saat bepergian

Saat bepergian atau beraktivitas fisik perlu lebih berhati-hati, karena luka fisik saat kehamilan bisa membuat rasa tidak nyaman. Bagian yang perlu diwaspadai juga adalah pergelangan kaki dan tangan karena mudah mengalami cedera.

Lakukan kebiasaan yang menenangkan

Para ahli mengatakan, mengelola stres dapat membantu perkembangan otak yang sehat untuk janin. Maka disarankan pada ibu hamil dapat mengelola stres dengan kebiasaan yang menenangkan. Contohnya, mendengarkan musik, yoga atau pijat. Berlibur atau meluangkan waktu bersama pasangan dapat membuat bebas stres saat kehamilan.

Tetap bergerak

Tetap bergerak menjadi kunci agar ibu hamil tetap bahagia. Rekomendasi dari American College of Obstetricians and Gynecologists, wanita hamil perlu bergerak 30 menit dalam sehari. Olahraga teratur dapat mengurangi gejala penyakit yang mengganggu ibu hamil, seperti sakit punggung, sembelit dan morning sickness. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES