Peristiwa Nasional Hari Santri Nasional 2016

Puncak Peringatan di Monas, Ini Harapan Ketua Umum PBNU

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 11:01 | 59.74k
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj (Foto: twitter)
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj (Foto: twitter)
FOKUS

Hari Santri Nasional 2016

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj mengharapkan peringatan Hari Santri Nasional tahun ini bisa berimbas pada semangat bangsa Indonesia memerangi semua problem negeri ini.

"Hari ini keluarga NU dan rakyat Indonesia, mempertingati peristiwa mengenang jasa ulama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari rongrongan penjajah," katanya pada puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2016 di halaman Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (22/10/2016)

Hadir dalam peringatan HSN ini adalah perwakilan sejumlah ormas keagamaan Islam dan lintas agama, santri dari berbagai pondok pesantren, perwakilan figur publik dan elemen masyarakat lainnya.

Ia berharap perjuangan kaum santri di masa awal kemerdekaan Indonesia mampu diaktualisasikan di masa kini yaitu dengan menolak terorisme, radikalisme, gerakan ekstrim, melawan kemiskinan dan memerangi peredaran narkoba.

Said juga mengingatkan jika HSN adalah momentum memperingati keluarnya Resolusi Jihad oleh pendiri NU Hasyim Asy'ari. Resolusi yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 di Surabaya, Jawa Timur itu guna mencegah kembalinya Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia.

Menurutnya, Indonesia yang sudah mendeklarasikan kemerdekaan hampir tidak bisa melepaskan diri dari penjajah apabila tidak ada perlawanan dari kaum santri yang turut mengangkat senjata melawan penjajah setelah keluarnya Resolusi Jihad.

"Pemicu Resolusi Jihad di bawah komando Hasyim Asyari. Ada kewajiban membela Tanah Air untuk melawan tentara NICA," tegasnya.

Peringatan Hari Santri Nasional 2016 di Lapangan Monas ini juga mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia. Penyerahan rekor ini untuk kirab santri terpanjang dan pembacaan satu miliar shalawat dengan peserta terbanyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES