Peristiwa Nasional

Wiranto: Rakyat Antusias Sambut Saber Pungli

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 10:40 | 35.19k
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto (Foto: setkab)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto mengklaim jika upaya pemerintah memberantas pungutan liar (pungli) disambut antusias oleh masyarakat. Karena isyarat dukungan itulah, pemerintah pun serius menggelar operasi ini.

Memimpin langsung Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Wiranto menyebut saat ini pemerintah punya momentum bagus, terutama setelah operasi tangkap tangan (OTT) di Kementerian Perhubungan yang dampaknya ternyata luar biasa.

"Sambutan masyarakat maupun perilaku para pemungut liar ini sudah berubah. Banyak laporan dari kementerian/lembaga yang melaksanakan pelayanan publik, itu banyak sekali publik yang sekarang sudah merasa nyaman untuk mengurus kepentingan-kepentingan kebutuhan mereka," tegasnya.

Menurut Wiranto, pungli di Indonesia sangat meresahkan karena sudah begitu membudaya dan terjadi nyaris di semua lapisan. "Dan ingat, pungli ini tidak hanya Rp10 ribu, Rp20 ribu, sampai milyaran ada. Tentu ini harus kita bersihkan," ujarnya.

Ia menambahkan jika sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 yang baru diteken Presiden Joko Widodo, jaringan organisasi Satgas Saber Pungli dibentuk dari pusat sampai kementerian dan lembaga terkait, juga sampai daerah.

"Nanti akan dibentuk unit-unit Saber Pungli dengan satu kriteria, persyaratan, target, dan pengawasan tertentu, serta masukan dari masyarakat. Akan ada kroscek sehingga Kementerian/Lembaga terkait pasti akan melakukan itu dengan baik," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES