Peristiwa Nasional

Menteri Darmin: Sektor Kemaritiman Harus Diperkuat

Jumat, 21 Oktober 2016 - 12:33 | 66.16k
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto:hetanews)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto:hetanews)

TIMESINDONESIA, MAKASAR – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyampaikan, BIMP-EAGA dan IMT-GT harus mempu mengurangi kesenjangan antar wilayah subnasional dan untuk memperkuat perdagangan lintas batas serta mempromosikan perdagangan, investasi, dan pariwisata. 

“Tema besar, yakni “Strenghtening the Asian Maritim Economic Corridor and Food Security”. Latar belakang dari pemilihan tema tersebut, bahwa wilayah yang masuk dalam kerjasama ekonomi subregional ini umumnya adalah wilayah kepulauan.

"Jadi sangat tepat apabila diangkat penguatan sektor maritim dalam mendukung tujuan kerjasamanya. Sedangkan permasalahan ketahanan pangan juga menjadi perhatian semua negara ASEAN," ujar Darmin.

Darmin menjelaskan, rangkaian acara BIMP-EAGA dan IMT-GT ini dibagi dalam tiga kegiatan utama. Pertama, kegiatan trade expo selama tiga hari dari 14-16 Oktober 2016. 

Sebanyak 236 booth, menampilkan berbagai produk unggulan sektor kemaritiman terutama kelautan dan perikanan, pertanian untuk mendukung ketahanan pangan, infrastruktur, industri pengolahan, industri kreatif, logistik, pariwisata, perdagangan barang dan jasa, dari masing-masing negara.

Kedua, business conference, tercatat diikuti oleh sekitar 400-an peserta baik dalam negeri maupun luar negeri. Para pembicara berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei, Filipina, Jepang, China dan Australia. Ketiga, business matching, tujuan utama untuk pertemuan kalangan bisnis lokal dan antar negara di wilayah forum ini.

Sekedar diketahui, acara ini diikuti oleh Negara-negara Asian sesuai dengan namanya  The 3rd Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Grouth Areal (BIMP-EAGA) and Indonesia, Malaysia, Thailand Growtht Triangle (IMT- GT) Trade Expo Conference and Matching 2016.

Indonesia diwakili Provinsi Sumsel, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Kota Bogor dan Kabupaten Semelu. Berbagai agenda yang dilaksanakan di even ini diantaranya, Businnes leader Conference, Trade Expo, Businnes Matching & Invesment Forum, Health Care Tourism Dialoque, Street Food Festival, Culture & Art Performance dan Fashion Show. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES