Peristiwa Nasional

JK Buka Ajang The 3rd BIMP-EAGA dan IMT-GT

Jumat, 21 Oktober 2016 - 12:10 | 39.70k
Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla. (Foto: Setkab)
Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla. (Foto: Setkab)

TIMESINDONESIA, MAKASAR – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla , di Four Points Hotel by Sheraton Makassar, Jumat (14/10/2016).

"Sejarah kegiatan ini dimulai di Makassar pada akhir tahun 1988, pada awalnya hanya digunakan untuk kepentingan bisnis," ucap JK saat memberikan sambutan dalam acara yang berlangsung hingga 16 November 2016. 

Untuk diketahui, acara ini diikuti oleh Negara-negara Asian sesuai dengan namanya The 3rd Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Grouth Areal (BIMP-EAGA) and Indonesia, Malaysia, Thailand Growtht Triangle (IMT- GT) Trade Expo Conference and Matching 2016.

Indonesia sendiri diikuti oleh Provinsi Sumsel, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Kota Bogor dan Kabupaten Semelu. Dengan berbagai agenda yang dilaksanakan diantaranya Businnes leader Conference, Trade Expo, Businnes Matching & Invesment Forum, Health Care Tourism Dialoque, Street Food Festival, Culture & Art Performance dan Fashion Show. 

Dalam pembukaan yang menampilkan sebanyak 236 booth ini, JK menyebut, kerjasama antar negara supaya lebih ditingkatkan.

“Maka, konektivtas sangat penting untuk masing-masing pihak (negara, red), harus kita tingkatkan itu dan tentu perdagangan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, JK berharap, BIMP-EAGA dan IMT-GT ini bisa memperbaiki hubungan baik antar kelima negara yang terlibat dalam acara besar yang bertaraf internasional tersebut.

JK pun mengajak semua peserta yang hadir untuk memformalkan hubungan baik secara ekonomi maupun keamanan.

"Selama ini hubungan ekonomi antar negara, lebih banyak hubungan ekonomi ilegal, utamanya di Kawasan Indonesia Timur, Mindanao Filipina, Sabah Malaysia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES