Peristiwa Nasional

Sumsel Gencar Berpromosi di Ajang The 3rd BIMP-EAGA dan IMT-GT

Jumat, 21 Oktober 2016 - 11:42 | 45.15k
Stand Sumsel di The 3rd BIMP-EAGA & IMT-GT yang berlangsung di  Four Points Hotel by Sheraton Makassar, Jumat (14/10/2016). (Foto : Fathur Rochman/TIMES INDONESIA)
Stand Sumsel di The 3rd BIMP-EAGA & IMT-GT yang berlangsung di Four Points Hotel by Sheraton Makassar, Jumat (14/10/2016). (Foto : Fathur Rochman/TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, MAKASAR – Sumatera Selatan (Sumsel) gencar melakukan promosi potensinya dalam ajang The 3rd BIMP-EAGA dan IMT-GT yang berlangsung di Four Points Hotel by Sheraton Makassar, Jumat (14/10/2016). 

"Ajang ini menjadi kesempatan besar bagi Sumsel untuk terus mempromosikan TAA dan juga sebagai informasi mengenai pembangunan infrastruktur di Provinsi Sumsel dan lainnya," ungkap Kepala Dinas BAPPEDA Provinsi Sumsel, Ekowati Retnaningsih.

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK) ini akan berlangsung hingga 16 November 2016 menampilkan sebanyak 236 booth, ini Ia menjelaskan Provinsi Sumsel mengikuti agenda trade expo. 

"Kami menampilkan berbagai informasi menganai proses pembangunan infrastruktur seperti Ligrht Rail Transit (LRT), Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra), Jembatan Musi IV dan Musi VI, Kawasan Khusus Tanjung Api-api, Jakabaring Sport City (JSC)," urainya. 

Tak hanya itu, Sumsel juga membeberkan persiapan menjelang Asian Games 2018, produksi dan potensi pertanian-perkebunan. "Kami juga mempromosikan sektor pertambangan dan hasil inovasi hilirisasi produk perkebunan dan perikananan yaitu kopi pinang miyoga dan pindang patin kaleng," paparnya.

Selain industry besar seperti batubara dan energy, pada saat berkesempatan berdialog dengan Wapres Jusuf Kalla, Sumsel juga didorong untuk mengembangkan industry hilir. Untuk diketahui, Sumsel memliki kebun karet yang sangat besar.  Namun ironisnya, harga jual karet relatif rendah.

“Untuk itu kita mendorong UKM yang ada untuk mengembangkan produk lainnya berbahan dasar karet, sehingga seperti parts kendaraan dan lain-lain, tentunya TAA sebagai tempat pergerakan ekonomi," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, acara ini diikuti oleh Negara-negara Asian sesuai dengan namanya  The 3rd Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Grouth Areal (BIMP-EAGA) and Indonesia, Malaysia, Thailand Growtht Triangle (IMT- GT) Trade Expo Conference and Matching 2016.

Indonesia diwakili Provinsi Sumsel, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Kota Bogor dan Kabupaten Semelu. Berbagai agenda yang dilaksanakan di even ini diantaranya, Businnes leader Conference, Trade Expo, Businnes Matching & Invesment Forum, Health Care Tourism Dialoque, Street Food Festival, Culture & Art Performance dan Fashion Show. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES