Peristiwa Daerah

Norwegia Lakukan Pemetaan Lahan Gambut di Sumsel

Rabu, 19 Oktober 2016 - 22:05 | 61.33k
Diskusi Pemetaan Lahan Gambut di Ruang VIP Bandara International SMB 2 Palembang. (Foto : Istimewa)
Diskusi Pemetaan Lahan Gambut di Ruang VIP Bandara International SMB 2 Palembang. (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Pemerintah Norwegia akan melakukan pemetaan menyeluruh lahan gambut seluas 170.000 hektar di wilayah Sumsel.

Dengan menggunakan teknoligi canggih, terbaru, mudah dan murah, pemetaan dilakukan secara lengkap serta detail hingga kedalaman tertentu dari lahan gambut.

Hal ini diungkapkan Kepala BRG Nazir Foead saat menggelar diskusi mengenai survey pemetaan lahan gambut bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin serta tim dari Kedutaan Besar Norwegia untuk Indonesia yang dipimpin Mr. Stig Traavik, di Ruang Rapat VIP Room Bandara SMB II Palembang, Rabu (19/10/2016).

Nazir Foead mengatakan, pemetaan lahan gambut di seluruh Indonesia akan dilakukan di enam provinsi dan menjadi yang pertama yakni Provinsi Sumsel dengan lahan gambut seluas 170.000 hektar.

Menurutnya, ini dilakukan karena BRG akan membuat suatu data digital dalam bentuk peta dan foto terkait restorasi lahan gambut, nantinya digunakan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pengelolaan lahan gambut.

"Ini akan menjadi dasar dari perencanaan restorasi, pertengahan November bisa selesai, dan ini merupakan inisiasi pemetaan secara lengkap," terangnya.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan terkait pemetaan lahan gambut, dari enam provinsi yang akan dilakukan pemetaan, Sumsel menjadi yang pertama dilakukan dan bahkan tim ini datang langsung ke Provinsi Sumsel.

"Kebanggaan tersendiri, pemetaan ini merupakan teknologi terbaru dan murah selain digunakan untuk pemetaan sebagai bahan restorasi lahan gambut juga bisa digunakan untuk pemanfaatan lainnya", Katanya.

Setelah melakukan diskusi, dilanjutkan joy flight untuk melihat langsung kondisi lahan gambut di wilayah Sumsel dengan menggunakan Pesawat Pilatus berpenumpang empat orang termasuk pilot. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES